Langganan SP 2

Mochrizal Minta Lestarikan Tradisi Sedekah Bumi

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 122

Mochrizal Minta Lestarikan Tradisi Sedekah Bumi
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP -  Sekretaris Daerah Mochrizal mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah, dia mengapresiasi kegiatan sedekah bumi yang digelar komunitas masyarakat Jawa di Desa Sambora, Kecamatan Toho, kemarin.

Menurut Mochrizal, sedekah bumi merupakan simbol rasa syukur terhadap Tuhan YME atas rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Karena itu, sebagai tradisi yang sangat diyakini, sedekah bumi tidak boleh dijadikan sebagai sarana komersialisasi yang tidak terarah dan menghilangkan norma-norma dari kebudayaan tersebut. 

“Kita harus lebih peduli dengan arti kebudayaan guna membangun suatu karakter bangsa dan tidak menghilangkan tradisi yang dilakukan turun-temurun sehingga tidak terlupakan oleh anak-cucu kita,” kata Mochrizal.

Mochrizal mengatakan upaya mengusung kebudayaan yang luhur berkaitan dengan upaya mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang lebih bermartabat. Karena itu, perlu diciptakan suasana kondusif untuk mempertahankan kearifan budaya lokal. 

Ia berpendapat kebudayaan akan terus berkembang sejalan dengan kepedulian masyarakat terhadap budaya. Melalui hal tersebut, akan lahir keragaman kebudayaan yang berbeda, unik, dan menarik. 

“Saya berharap budaya sedekah bumi ini dapat dikemas secara apik dan profesional sehingga ke depan akan memiliki daya tarik bagi wisatawan di Kalimantan Barat dan Indonesia,” ujarnya menyarankan.
Kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah lokasi kegiatan, Mochrizal meminta untuk menjaga kondusivitas  suasana. 

“Kepada seluruh lapisan masyarakat supaya dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan kegiatan ini,” ucapnya. (ben/ang)