Pelantikan 53 Pejabat Eselon Mempawah

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 450

Pelantikan 53 Pejabat Eselon Mempawah
LANTIK – Bupati Mempawah Ria Norsan menggelar pelatinkan 53 pejabat eselon III dan IV serta mengukuhkan seorang pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah, di Aula Kantor Bupati, kemarin. Ist

Ria Norsan: Jabatan Adalah Amanah


Bupati Ria Norsan mengambil sumpah dan janji 53 pejabat eselon III dan IV serta mengukuhkan seorang pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah, di Aula Kantor Bupati, kemarin.  

SP - Terdiri atas 35 pejabat eselon IV dan 18 pejabat eselon III, pelantikan itu dirangkai dengan penandatanganan pakta integritas. Adapun pejabat eselon II yang dikukuhkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah, Agit Sugiarto. 

“Dalam suatu organisasi mutasi dan penggantian pejabat pada suatu jabatan merupakan hal biasa dalam kaitan dengan penyegaran dan pembinaan karier seorang pegawai negeri sipil,” kata Norsan mengawali sambutannya.

Ia menerangkan, pelantikan yang dilakukan didasarkan pada dua hal. Pertama, sebagai tindak lanjut Peraturan Daerah Kabupaten Mempawah Nomor 6 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas
Peraturan Daerah Kabupaten Mempawah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Mempawah. Kedua, merupakan eskalasi rangkaian kegiatan dari pelantikan yang terlaksana sebelumnya. 

“Ini untuk mengisi formasi jabatan struktural yang lowong dalam struktur organisasi perangkat daerah Kabupaten Mempawah dikarenakan ada pejabat struktural yang memasuki batas usia pensiun,” tuturnya menjelaskan.

Norsan menegaskan, jabatan bukan merupakan hak pegawai negeri sipil. Jabatan, adalah amanah dari pemerintah daerah. Karena itu, ia meminta para pejabat untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan. 

“Saudara-saudara adalah PNS Kabupaten Mempawah yang terbaik, pilihan, dan dipercaya oleh pemerintah daerah karena dinilai mampu untuk menduduki sekaligus mengemban amanah jabatan dimaksud,” ujarnya.

Kepada seluruh pimpinan unit kerja, Norsan meminta untuk membangun kerja sama dan kepercayaan dalam pelaksanaan tugas. Dia mengingatkan pimpinan unit kerja agar tanggap mengakomodasi berbagai aspirasi masyarakat. Sehingga pelayanan publik dapat dioptimalkan menjadi semakin baik dan cepat dengan tetap mengacu kepada mekanisme dan prosedur yang berlaku. 

“Selamat kepada yang pejabat yang baru dilantik. Saya meminta untuk segera melaksanakan tugas di lingkungan kerja masing-masing dan tunjukkan kinerja yang lebih baik lagi daripada sebelumnya,” ucapnya berpesan.

Kepada pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan pejabat Satuan Polisi Pamong Praja yang sebelumnya bergabung, Norsan menyampaikan pesan khusus. Kepada pejabat BPBD, ia meminta untuk menjalankan tugas dan fungsi dengan melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terkait, masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan. 

Adapun untuk pejabat Satpol PP yang dikukuhkan kembali, Norsan mengingatkan agar mampu mendukung terwujudnya kondisi daerah yang tenteram dan tertib. 

“Satpol PP harus dapat mengamankan dan menegakkan kebijakan-kebijakan daerah serta dapat bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah lainnya,” tutupnya. (ruben permana/ang)