Langganan SP 2

Mempawah Bersiap Sambut Presiden

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 109

Mempawah Bersiap Sambut Presiden
CEK LAPANGAN – Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen Andika Prakasa bersama Bupati Mempawah Ria Norsan dan jajaran meninjau kesiapan rencana groundbreaking atau pemancangan tiang pertama pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak belum lama ini. Ist

Pembangunan Pelabuhan Kijing Dimulai


Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen Andika Prakasa
Dan dipastikan Presiden berada di Kalimantan Barat pada peringatan itu. Selebihnya keputusan terkait hal itu masih akan dirancang pihak Istana

MEMPAWAH, SP – Untuk kesekian kalinya Presiden Joko Widodo dijadwalkan menggelar kunjungan kerja di Kalimantan Barat. Dari beberapa daerah yang disinggahi, Presiden merencanakan melakukan groundbreaking atau pemancangan tiang pertama pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Panglima Komando Daerah Militer XII Tanjungpura, Mayjen Andika Perkasa menyebut, kendati kedatangan presiden belum dapat dipastikan namun yang jelas tidak akan jauh dari tanggal 19 Oktober 2017. Karena pada itu merupakan puncak peringatan Hari Pangan Sedunia. 

“Dan dipastikan Presiden berada di Kalimantan Barat pada peringatan itu. Selebihnya keputusan terkait hal itu masih akan dirancang pihak Istana,” kata Andika baru-baru ini.

Terkait agenda pemancangan tiang pertama pelabuhan, Kodam XII Tanjungpura melakukan serangkaian persiapan. Di antaranya memantau dan mengecek langsung kondisi serta kesiapan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya dalam menyambut kedatangan Presiden. 

Belum lama ini, kehadiran Pangdam yang didampingi Komandan Resor Militer 121/ABW Kolonel (Inf) Bambang Ismawan disambut langsung Bupati Ria Norsan dan Wakil Bupati Gusti Ramlana. 

Menurut dia, kunjungan ini untuk monitoring dan survei lokasi-lokasi yang diusulkan akan disinggahi Presiden.

Dari pemerintah provinsi, Kementerian Pertanian, Kementerian Perumahan Rakyat, termasuk Pemerintah Kabupaten Mempawah juga mengusulkan beberapa titik.

Sebagai tuan rumah, pihaknya akan berupaya semaksimal memastikan kelancaran acara Presiden. Terutama menyangkut pengamanan wilayah agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan sesuai yang diagendakan. 

“Kami siap menyambut kedatangan Bapak Presiden ke Kalbar. Dan kami siap mengamankan wilayah untuk mendukung kelancaran acara. Untuk jumlah personel belum kami tentukan. Yang pasti kami sudah beberapa kali melakukan pengamanan kunjungan Presiden di Kalbar sehingga sudah terbiasa dengan situasi ini,” tuturnya menjelaskan.

Bupati Ria Norsan menyambut baik kedatangan Pangdam di Mempawah. Ia berharap dengan adanya persiapan seluruh kegiatan presiden berjalan dengan lancar. Khususnya penancapan tiang pertama pembangunan pelabuhan Kijing. 

“Jika tidak ada perubahan, diperkirakan presiden akan datang antara tanggal 16-23 Oktober. Namun kami masih menunggu koordinasi dengan pihak Istana,” ujarnya.

Lebih jauh Ria Norsan menjelaskan, rencana pembangunan Pelabuhan Terminal Kijing telah diupayakan sejak tiga tahun lalu. Berkat kerja keras dan perjuangan Pemerintah Kabupaten Mempawah yang didukung Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, rencana pembangunan tersebut masuk dalam agenda proyek strategis nasional (PSN). 

“Dan Alhamdulillah beberapa waktu lalu Bapak Presiden datang langsung melihat kondisi Pantai Kijing pada sekitar pertengahan Maret lalu. Beliau sangat antusias dan mengatakan akan datang kembali untuk melakukan groundbreaking Pelabuhan Terminal Pantai Kijing,” tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, dalam lawatannya Presiden Joko Widodo juga akan berkunjung ke Kabupaten Sanggau dan Sambas

Tinjau Lokasi Jembatan Kapuas III

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Tri Rana Subekti menerangkan, selain penancapan tiang pertama Pelabuhan Internasional di Pantai Kijing, Kabupaten Mempawah, Presiden juga dikabarkan meninjau lokasi pembangunan Jembatan Kapuas III yang berlokasi di Desa Wajok, Siantan.

Selain itu juga beberapa lokasi yang menjadi sentral pembangunan dari pemerintah pusat untuk Kalimantan Barat.

Pengecekan yang dilakukan Pangdam ini, juga didampingi oleh para Asisten, Kabalakdam XII/Tanjungpura, Polri serta unsur pimpinan instansi Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Pasalnya, ini tidak hanya peninjauan lokasi pembangunan namun juga melakukan peninjauan keamanan guna persiapan kedatangan Presiden Jokowi.

"Persiapan terus kita lakukan, pengamanan lokasi kunjungan Presiden juga terus dikoordinasi, karena kita ingin memberikan yang terbaik bagi Presiden dalam kunjungannya ke Kalimantan Barat," tegas Tri.

Kedatangan Presiden Jokowi di Kalimantan Barat ini setidaknya menjadi tolak ukur perhatian pemerintah untuk membangun Kalimantan Barat kearah yang lebih baik. Baik pembangunan di sektor infrastruktur, pembangunan di sektor ekonomi maupun di sektor pendidikan terus menjadi fokus terdepan dalam pemerintahan Presiden Jokowi. (ben/ang)