Pilkades Serentak di Mempawah Kemungkinan Mundur

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 481

Pilkades Serentak di Mempawah Kemungkinan Mundur
Ilustrasi. Net
MEMPAWAH, SP – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 10 desa Mempawah tahun 2018 masih jadi pertimbangan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Mempawah. 

Pasalnya di waktu yang nyaris bersamaan, juga digelar pemilihan Bupati Mempawah dan Gubernur Kalbar.

“Untuk itu kita masih menunggu petunjuk dan Kementerian Dalam Negeri terkait itu,” kata Rizal Multiadi, Kepala Bidang Pemerintahan di dinas tersebut, kemarin. 

Menurut Rizal, kejadian serupa sebenarnya pernah terjadi di Mempawah. Yakni saat pelaksanaan Pilkada serentak dengan Pilkades. Namun petunjuk saat itu dari Kementerian Dalam Negeri adalah menunda Pilkades di tahun berikutnya. 

“Pada prinsipnya kita ikuti petunjuk kementerian. Jika bolah tahun depan, maka akan digelar Pilkades serentak juga,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkades serentak yang akan digelar Mempawah nanti tetap menggunakan sistem e-voting. “Terkait e-voting sudah ada petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri,” tuturnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Mempawah, Iqbal Suparta menerangkan, alat e-voting yang ada saat ini sebanyak enam unit. 

“Jika dalam pelaksanaan Pilkades mendatang ada kekurangan alat e-voting, biasannya kami akan berkoordinasi dengan BPPT pusat dan melakukan peminjaman,” ucapnua.

Dia berharap, dalam Pilkades mendatang warga pemilih dapat melakukan pengambilan suara dengan tertib, agar tidak menjadi polemik di kemudian hari.

Tokoh masyarakat Mempawah, Mulyadi Jaya mengungkapkan, rencana pemerintah daerah yang akan melakukan konsultasi dengan pemerintah pusat terkait pelaksanaan Pilkades tahun 2018 yang aman bertepatan dengan Pilkada serentak sudah sangat tepat.

Menurutnya, pelaksanaan Pilkades di beberapa desa di Mempawah memang harus diundur. Karena Pilkades dilaksanakan di tahun yang sama dengan Pilkada pasti akan berdampak pada kekurangan pemilih. (ben/ang)

Komentar