Peringatan Hari Pahlawan di Mempawah

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 448

Peringatan Hari Pahlawan di Mempawah
BERIKAN HADIAH – Perwakilan veteran memberikan bingkisan kepada seorang pelajar di TK Kartika Mempawah, Jumat (10/11). Dalam peringatan Hari Pahlawan itu, veteran bercerita bagaimana perjuangan mereka mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (SP/Ruben)

Veteran Bercerita Kisah Perlawanan Merebut Kemerdekaan 


Puluhan siswa dan siswi Taman Kanak-kanak (TK) Kartika 1708 Mempawah mendapat pendidikan dari para veteran melalui cerita pengalaman mereka dalam memperjuangkan kedaulatan Republik Indonesia. Selain itu, kegiatan itu bertujuan menanamkan sedini mungkin arti perjuangan para pahlawan.

SP - Dandim 1201/Mempawah, Letkol (Inf) Win Winandar mengungkapkan, dalam Hari Pahlawan ini, pihaknnya berinisiatif untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada anak-anak usia dini.

"Kita mencoba menanamkan nilai-nilai kepahlawanan sejak dini, terhadap para generasi bangsa yang ke depan mereka yang akan memimpin negara ini," kata Winandar, Jumat (10/11).

Dengan telah ditanamkan rasa itu, anak-anak yang akan tumbuh dewasa akan lebih memiliki rasa kecintaan dan kehormatan terhadap jasa pahlawan. Selain itu akan lebih mengerti arti kepahlawanan yang telah berperan penting dalam membentuk Negara Indonesia.

“Karena bagaimana pun negara ini tidak aka nada jika tanpa parah pejuang kemerdekaan,” ucapnya.

Penanaman arti kepahlawanan juga sekaligus menjadi benteng bagi diri anak-anak untuk menatap masa depan dari pengaruh-[engaruh negative, seperti misalnya narkoba. “Mari kita sebagai generasi muda ini meneladani nilai-nilai kepahlawanan,” pintanya.

Kepala TK Kartika 1706 Mempawah, Astrawati mengatakan, kegiatan ini sangat menarik minat para anak didik. “Ini merupakan pendidikan emas. Menanamkan nilai patriotism pada diri anak akan berdampak besar pada pembangunan karakter mereka,” katanya.

Sementara itu, peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Mempawah ditandai dengan upacara di Halaman Kantor Bupati Mempawah. Inspektur Upacara dipimpin Wakil Bupati Gusti Ramlana, membacakan sambutan tertulis dari Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. 

Turut hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mempawah dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Gusti Ramlana mengatakan, setelah kemerdekaan diraih, tahapan selanjutnya adalah bersatu. Setelah bersatu, maka bangsa Indonesia baru bisa memasuki tahapan bernegara berikutnya, yaitu berdaulat, adil dan makmur. 

“Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa, maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya Ramlana.

Sikap kepahlawanan itu sendiri menjadi komitmen para pejuang pendiri bangsa untuk mempersatukan bangsa sehingga melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu.

“Seluruh masyarakat harus memaknai semua itu bukan hanya sekadar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang,” katanya.

Setelah itu, acara dilanjutkan upacara dan tabur bunga di Makam Pahlawan Tuna Bangsa Mempawah, di Desa Penibung, Kecamatan Mempawah Hilir, yang dipimpin Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso. (ruben permana/ang)

Komentar