Stok Ayam Potong di Mempawah Capai 6,5 Juta Ekor

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 230

Stok Ayam Potong di Mempawah Capai 6,5 Juta Ekor
Ilustrasi. Net
MEMPAWAH, SP - Kasi Produksi Bidang Perternakan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Mempawah Sumiyanto mengungkapkan, ketersediaan ayam potong masih cukup untuk menyuplai kebutuhan warga lokal.

Dia menybut, berdasarkan datang yang dihimpun pihaknya tahun 2017 silan, stok ayam potong yang ada di Mempawah masih mencapai 6,5 juta ekor.

“ Dengan jumlah itu, stok ayam potong sekarag tidak ada masalah. Semuanya cukup,” kata Sumiyanto, kemarin. 

Bahkan dengan jumlah tersebut, ayam-ayam potong di Mempawah dapat memenuhi kebutuhan ayam untuk wilayah Kota Pontianak.

“Artinya stok ayam kita surplus sehingga bisa menopang kebutuhan ayam daerah lain, salah satunya Kota Pontianak,” ucapnya.

Di Mempawah, terdapat dua kecamatan dengan tingkat produksi ayam ptong yang menjanjikan. Diantaranya Kecamatan Segedong dan Siantan. Namun selain dua kecamatan itu, peternak ayam hampir merata tersebar di seluruh kecamatn lain. 

“Jumlahnya yang kita catat ada sebanyak 200 pertenak. Tersebar di seluruh kecamatan, namun yang paling banyak ada di Segedong dan Siantan,” ucapnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Mempawah disebut selalu kelebihan pasokan ayam. Maka dari itu, pemerintah daerah segera melakukan tindakan agar dapat menopang kebutuhan ayam potong daerah lainnya. (ben/ang)