Warga Laporkan Kades Malikian ke Kejari Mempawah

Mempawah

Editor Andrie P Putra Dibaca : 341

Warga Laporkan Kades Malikian ke Kejari Mempawah
Perwakilan warga, Sudarso Hamzah saat melaporkan Kades Malikian ke Kejari Mempawah, Senin (26/3). (SP/Ruben)
MEMPAWAH,SP – Beberapa perwakilan masyarakat Desa Malikian, Kecamatan Mempawah Hilir, melaporkan kades setempat ke Kejaksaan Negeri Mempawah, Senin (26/3) petang. Laporan ini terkait dugaan penyelewengan Dana Desa Tahun 2017 di desa tersebut.

Sekitar 30 warga desa, telah membubuhi tanda tangan yang menyetujui untuk membuat Laporan ke Kejari Mempawah.

Salah satu perwakilan warga, Sudarso Hamzah mengatakan, laporan ini, merupakan tindak lanjut atas pernyataan yang telah dilontarkan kepada media beberapa waktu lalu. Dimana dalam pernyataannya, 75 persen akan melapor dan 25 persennya menunggu hasil musyawarah dengan pihak masyarakat.

"Makanya saat ini kami langsung membuat laporan ke Kejari Mempawah, mengenai adanya dugaan penyelewengan Dana Desa Tahun 2017," jelasnya.

Dia mengatakan, dari hasil klarifikasi dengan pihak desa, sedikitnnya ada lima proyek yang diduga bermasalah. Baik dari pembangunan tangga mandi warga, dua lokasi penimbunan tanah, maupun pekerjaan drainase yang tak sesuai.

"Jadi, bukti-bukti kita sudah serahkan ke pihak kejaksaan, bahkan bukti bahwa sisa tabungan silva yang digunakan untuk membayar gaji karyawan desa dan operasional desa, sudah diserahkan. Dan infonya kata pihak desa sudah dikonsultasikan ke pihak kejaksaan dan inspektorat yang membolehkan," ungkapnya.

Dia berharap, temuan dari masyarakat ini bisa segera ditindaklanjuti. Agar peristiwa ini tak terulang kembali dan dialami desa-desa lainnya di Kabupaten Mempawah.

Sementara,  Melinda selaku penerima Konsultasi Hukum ruang pelayanan hukum Adhyaksa Media Center,  Kejari Mempawah mengatakan telah menerima laporan ini.

"Mengenai permasalahan ini, kami akan melaporkan kepada atasan,” katanya.
Menurutnya, permasalahan ini bakal diteliti terlebih dahulu. Jika terbukti, tentunya akan ditindak lanjuti.

"Karena disini hanya menerima laporan, dan memberikan konsultasi permasalahan hukum," tegasnya. (ben)