Hanoman Klaim Temukan Benda Pusaka Lagi

Mempawah

Editor Andrie P Putra Dibaca : 5451

Hanoman Klaim Temukan Benda Pusaka Lagi
Hanoman beserta diduga barang pusaka temuannya. (SP/Ruben)
MEMPAWAH, SP -  Warga Kabupaten Mempawah kembali dihebohkan atas penemuan diduga barang pusaka oleh Syarif Arifin atau akrab disapa Hanoman.

Setelah kali itu menemukan trisula, kini Hanoman menemukan sebilah Cudik yang diduga kuat barang pusaka yang punya keterkaitan dengan Kerajaan Mempawah.

Cudik itu ditemukannya tepat di kawasan  pemakaman Habib Husin, Desa Sejegi Kecamatan Mempawah Timur, berapa waktu lalu.

Hanoman warga Gang Nusa Indah bercerita, saat itu dirinya tengah berziarah ke makam tersebut. Kedatangan tulus untuk berziarah saja, tanpa ada maksud lain.

"Saat selesai ziarah, ke makam Habib Husin, saya melihat ada senjata yang dilengkapi dengan sarungnya, yang biasa disebut dengan cudik," jelasnya, Selasa (17/4).

Saat dibuka ternyata cudik tersebut tampak sudah berumur tua, dan sudah dipenuhi karatan. Dia heran orang lain tak lihat cudik ini saat berziarah. 

"Atas penemuan cudik tersebut, saya langsung membawa pulang, dan mencoba untuk merawatnya," katanya.

Penemuan ini menambah daftar temuan diduga benda pusaka milik kerajaan yang diklaim oleh Hanoman.

"Dari tempayan tua di laut pulau Setinjang-Pulau Datok. Tempayan tersebut tak tenggelam meskipun di lautan, bahkan yang herannya tempayan tersebut tak ada masuk air. Lalu trisula, maupun cudik di kawasan makam Habib Husin ini," jelasnya.

Barang-barang tersebut kini dirawat di rumahnya. Dia bercerita sudah mendapatkan tiga kali mimpi yang sama, agar bisa menyatukan tombak trisula dan tombak satu serta an benda-benda lain tersebut untuk diberi penerangan (stanggi).

"Saya bukanlah pencari benda benda antik/bersejarah. Namun barang barang tersebut diperolah dari penemuan yang tak terduga. Makanya barang-barang tersebut saya rawat dan selalu saya beri wangi-wangian," jelasnya.

Barang-barang temuan Hanoman sudah banyak orang yang menawar ingin membeli, tapi urung terjadi. (ben)