Disperindag Naker Mempawah Terima Empat Pengaduan THR

Mempawah

Editor Indra W Dibaca : 180

Disperindag Naker Mempawah Terima Empat Pengaduan THR
Ilustrasi. (Net)

MEMPAWAH, SP -  Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten sejauh ini telah menerima sejumlah laporan pengaduan masalah Tunjangan Hari raya (THR). Setidaknya ada empat perusahaan yang terdata tidak memberikan THR kepada pekerja sesuai aturan.

“Dari 170-an perusahaan yang ada di Mempawah, saat ini sudah terdata 3 hingga 4 perusahaan yang dilaporkan di posko pengaduan THR. Rata-rata masalahnya terkait besaran uang THR yang dianggap belum sesuai," kata Kabid Bidang Tenaga Kerja Disperindag Naker Mempawah, Ya Helmizar, Minggu (10/6).

Helmizar mengatakan, pihaknnya sudah melakukan langkah-langkah mengenai laporan tersebut. Disperindag Naker katanya hanya sebagai mediator.

"Jadi, awalnya kita minta mereka untuk menyelesaikan secara intern. Namun jika tidak memiliki titik temu, maka kita akan mendatangi dan membantu menyelesaikannya," jelasnya.

Besaran jumlah THR yang harus diterima oleh karyawan dikatakan sudah ada aturannya, yaitu satu bulan gaji dan harus dibayar H-7 sebelum Idulfitri.

"Jadi, H-7 perusahaan sudah harus membayar THR karyawannya," katanya.

Helmizar menegaskan, jika masih ada perusahaan yang belum memberikan THR pada karyawannya hingga H-7 Idulfitri, maka pihaknnya akan memberikan sanksi. (ben)