Kemenag RI Tantang Kalbar Jadi Tuan Rumah Seleksi Tilawah Alquran Nasional

Mempawah

Editor Indra W Dibaca : 75

Kemenag RI Tantang Kalbar Jadi Tuan Rumah Seleksi Tilawah Alquran Nasional
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Muhammadiyah Amin. (Ist)
MEMPAWAH, SP - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, Muhammadiyah Amin, menantang gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pilkada Kalbar 2018 untuk mengajukan Kalbar menjadi tuan rumah pelaksanaan Seleksi Tilawah Alquran (STQ) tingkat nasional.

"Saat ini sudah terdapat beberapa provinsi yang mengajukan menjadi tuan rumah. Tapi jika Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih nantinya bersedia menjadi pelaksana STQ tingkat Nasional di Kalbar, maka akan kami sampikan langsung ke Menteri," kata Muhammadiyah Amin saat menghadiri pembukaan MTQ ke 27 tingkat Provinsi Kalbar di Mempawah, belum lama ini.

Menurut Amin, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, animo masyarakat di daerah untuk memahami Alquran dalam pelaksanaan MTQ sangat luar biasa.

"Tanggal 2 Oktober 2018 nanti, MTQ tingkat Nasional akan dilaksanakan di Medan. Saya juga akan mengecek kesiapannya di Medan,"  jelasnnya.

Ia berharap, perhelatan MTQ di Kalbar ini bisa menghasilkan peserta yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Bupati Mempawah, Ria Norsan mengatakan, akan menyambut tantangan menjadikan Kalbar tuan rumah STQ tingkat nasional, jika dia dan pasangannya Sutarmidji terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Kalbar nantinya.

"Mengenai tantangan tersebut, saya dan Pak Sutarmidji sudah memberi kode untuk pelaksanaan STQ tingkat nasional di Kalbar," kata Ria Norsan.

Diakui Norsan, Kalbar memang belum pernah menjadi tuan rumah, baik untuk MTQ maupun STQ tingkat nasional. untuk itu ke depan Kalbar harus mampu menjadi tuan rumah.  

"Mudah mudahan ke depannya STQ tingkat nasional bisa kita selenggarakan di Kalbar. Kita siap menyambut tantangan itu" tegasnya. (ben)