MTQ Kalbar ke-27 di Mempawah, Kafilah Sambas Ditarget Raih Juara Umum

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 172

MTQ Kalbar ke-27 di Mempawah, Kafilah Sambas Ditarget Raih Juara Umum
KUNJUNGI STAN – Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat mengunjungi stan milik Pemerintah Kabupaten Sambas yang memajang beragam hasil industri lokal, seperti kain lunggi, jeruk dan lain lain, di area MTQ Kalbar di Mempawah, kemarin.
Kontingen Kafilah Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) Sambas optimis bisa meraih banyak kesuksesan pada helatan MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Mempawah. Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Sambas, Ir H Hasanusi.

SP - Menurut Hasanusi, Kafilah Sambas punya semangat yang tinggi untuk berbuat yang terbaik. “Kami akan menampilkan yang terbaik. Mohon doa dan dukungannya agar kita banyak meraih kemenangan dan menjadi juara umum,” ujarnya, Selasa (3/7).

Kontingen Kafilah MTQ Sambas pada ajang MTQ kali ini mengikuti lima cabang yang dipertandingkan. Dijelaskannya, MTQ adalah ajang kontestasi seni baca dan hafalan kitab suci Al Quran dan punya nilai syiar agama.

“Guna memaksimalkan penampilan, kafilah kita telah kita ingatkan untuk benar-benar menjaga konsentrasi, giat berlatih dan menjaga kesehatan. Ini penting, jangan sampai pada saat jadwal penampilan, kondisi kebugaran atau kesehatan tidak mendukung,” paparnya.

Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili, beserta istri Hj Lusyanah Kosasih sebelum pembukaan MTQ oleh Pj Gubernur, pada Minggu Sore sebelumnya, menyempatkan berkunjung memantau penginapan Kontingen Kafilah MTQ Sambas yang berada di area perumahan di belakang Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pariwisata Mempawah.

Bupati dan istri memberikan semangat kepada semua kafilah, mulai dari official hingga peserta MTQ. “Kabupaten Sambas menjadikan ajang MTQ ini bagian dari syiar agama, syiar untuk membumikan Al Quran. Agar umat benar-benar mencintai dan menjadikan Al Quran sebagai pegangan hidup,” ujar bupati.

Harapan dia, dengan MTQ, umat Muslim semakin mencintai Islam. Dia yakin, setiap insan yang menjadikan Al Quran sebagai pegangan hidup, memiliki kualitas sumber daya yang baik.

“Setiap yang berhubungan dengan Al Quran, adalah hebat. Dengan MTQ ini, kita ingin dapat manfaat dan kemaslahatan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai universal Islam secara damai di tengah-tengah masyarakat,” jelas dia.

Di ajang MTQ ke-27 Prov Kalbar di Mempawah, Sambas mengirim 65 orang, untuk official dan peserta tanding MTQ berjumlah 52 ditambah 13 orang untuk mendukung karnaval MTQ.

Pada pembukaan MTQ, Sekretaris Daerah Sambas Uray Tajudin turut memberikan dukungannya bagi kontingen Sambas. 

“Kita berharap, persiapan LPTQ untuk helatan MTQ di Mempawah ini berbuah manis. Kita bisa menjadi juara umum. Mari kita semua berdoa untuk kebaikan dan kesuksesan Kafilah Sambas,” ajak dia. (nurhadi/ang)