Hari Ini Pleno Hasil Pilkada di Mempawah dan Kubu Raya, Hasil Rekapitulasi Tingkat Kecamatan di Jaga Ketat

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 160

Hari Ini Pleno Hasil Pilkada di Mempawah dan Kubu Raya, Hasil Rekapitulasi Tingkat Kecamatan di Jaga Ketat
Ilustrasi. (Net)
Ketua KPU Mempawah, Kusnandi
"Untuk hasil rekapitulasi tingkat kecamatan, semuannya sudah diserahkan ke KPU Mempawah. Sudah kami simpan dan dijaga ketat oleh petugas keamanan."

MEMPAWAH, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah  dan Kubu Raya akan melaksanakan rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Kalbar. Untuk  Rekapitulasi perhitungan suara di Mempawah akan digelar di Hotel Jumbo, Kecamatan Sungi Pinyuh, Kamis (5/7).

Ketua KPU Mempawah, Kusnandi mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar serta pemilihan Bupati dan Wakil  Bupati Mempawah di ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 9 kecamatan di Kabupaten Mempawah telah selesai, pada Minggu (1/7) lalu. Sehingga, dari dari hasil rekapitulasi  di Kecamatan itu di plenokan kembali di tingkat kabupaten.

"Untuk hasil rekapitulasi tingkat kecamatan, semuannya sudah diserahkan ke KPU Mempawah. Sudah kami simpan dan dijaga ketat oleh petugas keamanan ," kata Kusnandi, di Mempawah Rabu (4/7).

Ia menjelaskan, pada rekapitulasi tingkat Kabupaten itu, diagendakan menghadirkan semua komponen, PPK, Paslon, Tim Kampanye, Panwaslu, dan beberapa Instansi terkait serta saksi dari masing-masing paslon.

Ia memaparkan, dalam pelaksnaan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten Mempawah ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak keamanan baik Polisi maupun TNI untuk membackup keamanan. 

"Masing - masing paslon silakan melakukan upaya mencari keadilan. Jika terdapat atau ditemui hasil perolehan suara tidak sesuai dengan yang dihitung oleh masing-masing pasangan calon dengan cara melalui Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

Ia menjelaskan, mekanismenya melalui Mahkamah Konstitusi  teregistrasi tiga hari setelah penetapan KPU, setelah tiga hari berlangsung apabila tidak terdapat sengketa, maka KPU akan menetapkan pleno satu kali lagi untuk penetapan calon terpilih. 

Komisioner KPU Kubu Raya Devisi Teknis, Musa mengatakan, proses rekapitulasi tingkat PPK di sembilan kecamatan Kubu Raya sudah rampung digelar. 

"Semua logistik surat suara dari PPK sudah bergeser ke gudang KPU Kubu Raya. Proses rekapitulasi di tingkat PPK yang dilakukan mulai tanggal 28 Juni kemarin, berjalan aman dan lancar," kata Musa.

Selanjutnya, tahapan rekapitulasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta rekapitulasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar di tingkat KPU Kabupaten akan di laksanakan pada tanggal 5 Juli 2018 (hari ini). 

"Rekapitulasi nanti akan kita laksanakan di Qubu Resort, mulai pukul 08.30 wib. Normalnya, rekapitulasi Pilbub dan Pilgub ini berjalan satu hari. Dan mudah-mudahan satu hari bisa selesai. Tetapi, sesuai tahapan, rekapitulasi tingkat KPU Kabupaten waktunya dari tanggal 4 sampai tanggal 6 Juli 2018," katanya.

Dia berharap, proses rekapitulasi tingkat KPU Kabupatan nanti bisa berjalan aman, kondusif dan lancar. (ben/abd/jek)

Polresta Pontianak Kerahkan 300 Personel

Kabag Ops Polresta Pontianak, Kompol Albert Manurung mengatakan, Personel Polres  Pontianak, siap melakukan pengamanan pelaksanaan rekapitulasi Pilgub dan Pilbub Kubu Raya ditingkat Kabupaten. 

"Sistem pengaman yang kami buat dari polresta, khusus pengamanan rekapitulasi di tingkat KPU Kota Pontianak, kita akan kerahkan 280 personil. Sementara pengamanan di tingkat KPU Kabupaten Kubu Raya kita juga mengerahkan sebanyak 300 personil," jelasnya.  

Menurutnya, kekuatan pengamanan pelaksanaan rekapitulasi Pilgub, Pilwako dan Pilbub Kubu Raya nanti, juga turut dibantu oleh kekuatan TNI dari Kodim dan batalyon- batalyon

Manurung menambahkan, meski tidak ada kejadian yang menonjol baik saat hari pemilihan, maupun pasca pemilihan, namun status pengamanan Pilkada masih tetap siaga 1. 

"Gudang KPU Kota Pontianak dan gudang KPU Kubu Raya tetap kita jaga ketat. Sampai saat ini, situasi pasca pilkada terkendali aman. Pengamanan akan terus di lakukan sampai tanggal 6 Juli nanti," tegasnya (abd/jek)