Kasus Pencabulan di Mempawah Menurun 60 Persen

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 172

Kasus Pencabulan di Mempawah Menurun 60 Persen
Ilustrasi. (Net)
MEMPAWAH, SP - Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Mempawah mendata  kasus pencabulan di Kabupaten Mempawah di tahun 2018 ini  mengalami penurunan sekitar 60 persen dibandingkan di tahun 2017.

“Untuk tahun 2018 kasus pencabulan hanya sekitar lima kasus. Mengalami penurunan yang sangat drastis jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang mencapai belasan kasus,” kata Ketua KPAID Mempawah, Kusmaya, Kamis (9/8).

Menurutnya, terjadinya penurunan kasus pencabulan di Mempawah, dikarenakan gencarnya KPAID Mempawah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di 9 Kecamatan di Kabupaten Mempawah.

“Semua kecamatan sudah kita sosialisasikan, untuk menekan angka kasus pencabulan di Mempawah. Tidak hanya di kecamatan, namun sekolah-sekolah juga kita lakukan pendekatan,” jelasnya.

Menurutnya, sosialisasi yang disampaikan dengan memberikan pencerahan kepada masyarakat maupun pelajar mengenai Undang-Undang perlindungan anak , maupun cara menangani  jika terjadi kekerasan dalam rumah tangga dan lainnya.

“Jika terdapat kasus pencabulan, orang tua jangan takut untuk melapor. Identitas pelapor tetap akan dirahasiakan,” tuturnya.

Ia mengatakan, jika anak korban pencabulan mengalami trauma, maka pihaknya akan melakukan pendampingan, guna memulihkan kondisi psikologi si anak. (ben/jek)