Kecamatan Sungai Kunyit Penyumbang Terbesar Titik Api di Mempawah

Mempawah

Editor Indra W Dibaca : 181

Kecamatan Sungai Kunyit Penyumbang Terbesar Titik Api di Mempawah
Petugas berusaha memadamkan api di lahan yang terbakar. ( Ist)
MEMPAWAH, SP - Titik api (hotspot) akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau di lima kecamatan di Kabupaten Mempawah, Rabu (15/8) sore.

Lima kecamatan itu yakni, Kecamatan Siantan, Segedong, Mempawah Hilir, Mempawah Timur dan Sungai Kunyit, dengan total titik hotspot berjumlah sekitar 22 titik. 

Sekretaris BPBD Kabupaten Mempawah, Didik Krismanto mengatakan bahwa kawasan penyumbang terbesar terjadinya karhutla saat ini ada di Kecamatan Sungai Kunyit.

“Untuk di kawasan Sungai Kunyit kebakaran hutan dan lahan ada sekitar 100an hektar, dan itu belum termasuk di kawasan lain,” jelasnya.

Agar kebakaran tidak terus meluas, pihaknya berkoordinasi dengan provinsi untuk melakukan water bombing.

“Jadi kita tadi lakukan water bombing di Sungai Kunyit karena lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, dan yang paling besar,” jelasnya.

Didik mengaku pihaknya yang bekerjasama dengan TNI dan lainya, terus berjibaku untuk melakukan penanggulangan karhutla Kabupaten Mempawah.

“Kita sebar personil kita dan menurunkan sekitar dua armada mobil pemadam dan beberapa mesin portable dalam penanggulangan karhutla,” jelasnya.

Lahan yang mengalami kebakaran hutan dan lahan diakui Didik kebanyakan merupakan lahan warga dan belum ditemukan lahan milik perusahaan. (ben)