Minggu, 20 Oktober 2019


FKPM Gelar Haul Opu Daeng Manambon

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 46
FKPM Gelar Haul Opu Daeng Manambon

Ketua DPD FKPM Mempawah, Muhammad Husni Thamrin

Memperingatan Robo-Robo mulai 8 Oktober hingga 23 Oktober 2019, Forum Komunikasi Pemuda Melayu (FKPM) Kabupaten Mempawah akan mengadakan Haul Opu Daeng Manambon 256 Tahun 2019 di kawasan Jalan Daeng Manambon, Keluarahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.

 

Hal ini diungkapkan Ketua DPD FKPM Mempawah, Muhammad Husni Thamrin, kemarin.

 

Disebutkan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan pada Robo-Robo itu seperti Pembersihan Makam Panembahan Raja Adi Jaya Kusumawijaya (Raja Pertama Kerajaan Amantubilah) di Karangan Kabupaten Landak, Ziarah Makam di Batu Bejamban Paloh Sambas, Ziarah dan Pembersihan Makam Senggauk (Istana Bangkulerajang) Kecamatan Toho Mempawah.

 

Kemudian, Ziarah Makam Opu Daeng Manambon, Haul Opu Daeng Manambon, Pembersihan Pusaka, Pembaiatan Laskar Opu Daeng Manambon, Pembacaan Doa Tolak Bala dan Makan Saprahan di Masjid Al Wasillah Mempawah.

 

 

Dikatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tidak ada berbeda dengan yang dilaksanakan di Pelabuhan Kuala Mempawah. Kegiatan yang diadakan di Kuala Mempawah merupakan kegiatan memperingati kedatangan Opu Daeng Manambon ke Kabupaten Mempawah, sedangkan yang pihaknnya laksanakan yaitu mengenang Haul Opu Daeng Manambon.


“Masyarakat harus memahami even budaya Robo-Robo. Di dalam Robo-Robo terdapat dua momentum besar dan bersejarah yaitu kedatangan Opu Daeng Manambon pada Rabu terakhir bulan Safar dan mengenang mangkatnya Raja Opu Daeng Manambon di Mempawah pada Selasa terakhir bulan Safar," katanya yang juga merupakan Panglima Laskar Opu Daeng Manambon.


Dengan adanya dua momentum ini, pihaknya hanya mengomplitkan kegiatan yang berada di Pelabuhan Kuala Mempawah. Pelaksanaan haul itu sekaligus melakukan napak tilas perjalanan Opu Daeng Manambon.

 

Dikatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini tak luput dari peran pemerintah daerah Mempawah yang membantu anggaran.

 

"Saya tegaskan dalam kegiatan budaya Robo-Robo ini jangan dikait-kaitkan dengan mistis. Kegiatan haul yang dilaksanakan ini tetap berpedoman pada kitabullah yang diajarkan dalam agama Islam," tegasnya. (ben/bah)