Minggu, 17 November 2019


Mempawah Terbanyak Desa Mandiri

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 69
Mempawah Terbanyak Desa Mandiri

VAKSIN - Kader posyandu memberikan vaksin polio tetes pada salah satu anak peserta pekan imunisasi nasional (pin) di sebuah desa. Pelayanan kesehatan merupakan salah satu penilaian desa untuk jadi Desa Mandiri.

MEMPAWAH, SP – Sejumlah 16 desa dari 60 desa se Kabupaten Mempawah telah berubah status menjadi Desa Mandiri. Jumlah itu, ungkap Bupati Mempawah, Erlina, terbanyak di Kalimantan Barat. 

"Saat ini sudah terdata 16 desa dari 60 desa yang tersebar se Kabupaten Mempawah, sudah berubah statusnya menjadi Desa Mandiri," katanya, Rabu(30/10).

Pemerintah daerah akan terus meningkatkan jumlah Desa Mandiri tahun 2020 mendatang.

"Di tahun 2020, target kita desa yang menjadi Desa Mandiri sekitar 50 persen dari 60 desa yang berada di Mempawah. Tak ada lagi desa yang menyandang desa sangat tertinggal," katanya.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Mempawah, Burhan mengatakan bahwa dari 60 desa yang berada di Kabupaten Mempawah, 16 desa di antaranya sudah menjadi Desa Mandiri.

"Desa yang banyak Desa Mandirinya di Kecamatan Mempawah Hilir. Semuanya sudah berubah statusnya menjadi Desa Mandiri," katanya.

Dijelaskan bahwa untuk mengubah status desa menjadi Desa Mandiri, terdapat tiga indeks penilaian, indeks sosial, indeks ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan.

"Dari tiga indeks itu terdapat poin-poin lagi. Seperti indeks kesehatan, Posyandu ada atau tidak dan fasilitasnya lengkap atau belum. Itu yang jadi penilaian," tegasnya.

Sementara manfaat Desa Mandiri, kata Burhan, informasinya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2 miliar berupa program-program kegiatan yang menunjang kegiatan Desa Mandiri.

"Informasinya akan mendapatkan bantuan berupa program dalam menunjang fasilitas Desa Mandiri," tegasnya.

Dengan berubahnya status  desa menjadi Desa Mandiri, ditegaskannya anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tidak akan berubah. 

"Tak ada pengaruh dengan anggaran yang masuk di desa. Bahkan desa yang statusnya sudah berubah, program program akan banyak masuk. Dan hal itu tidak menghilangkan dana yang masuk di desa. Jadi jangan salah kaprah," tegasnya. (ben/bah)

Pertahankan Status

Kepala Desa Pasir, Hamid mengatakan bahwa status desanya yang terletak di Kecamatan Mempawah Hilir itu jadi Desa Mandiri setelah penilaian-penilaian  terkait indikator-indikator Desa Mandiri terpenuhi. 

"Penilaianya itu terdapat 50 indikator yang dinilai. Dari 50 indikator, indikator yang masih terkendala yaitu banjir, kebakaran hutan dan lahan dan terkait sosial. Namun dari penilaian lainnya menutupi hal itu seperti ekonomi, perilaku hidup sehat, keberadaan posyandu, ekonomi , sumber daya manusia dan lainnya ," katanya.

Dengan berubahnya status Desa Pasir menjadi Desa Mandiri, pihak pemdes akan berusaha mempertahankannya di tahun 2020 karena penilaian Desa Mandiri terus dilakukan setiap tahunnya.

"Kita akan berusaha mempertahankan Desa Pasir menjadi Desa Mandiri," tekadnya. 

Adapun terkait anggaran, Hamid mengaku tak ada perubahan besaran dana desa. (ben/bah)