Senin, 27 Januari 2020


Pemkab Mempawah Relokasi 36 Pedagang Ikan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 261
Pemkab Mempawah Relokasi 36 Pedagang Ikan

SAMBUTAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah merelokasi sebanyak 36 pedagang ikan yang berjualan di pinggiran jalan raya, ke lokasi Pasar Ikan Kuale, Jumat (10/1) lalu. IST

Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah merelokasi sebanyak 36 pedagang ikan yang berjualan di pinggiran jalan raya, ke lokasi Pasar Ikan Kuale, yang terletak di kawasan Pelabuhan Kuale Mempawah, Jumat (10/1) lalu.

 36 para pedagang ikan yang direlokasi merupakan para pedagang yang berjualan ikan di kawasan pinggiran jalan raya, di lokasi yang semestinya. Relokasi ini, juga dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Mempawah, dan jajaran pimpinan Forkopimda Kabupaten Mempawah.

 Bupati Kabupaten Mempawah, Erlina mengatakan, para pedagang sangat proaktif untuk ikut arahan dipindahkan ke kawasan pasar ikan yang sudah disediakan, di kawasan Pelabuhan Kuala Mempawah.

"Alhamdulillah, masyarakat proaktif, Tak ada paksaan dalam relokasi ini. Dan relokasi itu atas kesadaran masyarakat," ujarnya.

 Erlina mengapresiasi sejumlah pedagang yang mau dipindahkan. Karena masyarakat, khususnya para pedagang di Kabupaten Mempawah, cerdas dan memahami akan tujuan yang ingin dicapai pemerintah daerah melalui relokasi ini.

"Semoga ke depannya, Kabupaten Mempawah selalu tertib, indah, dan bersih, sehingga investor ataupun pengunjung merasa nyaman dan betah ke Mempawah," katanya.

 Ia mengimbau, agar para ASN di lingkungan Pemda Mempawah tidak membeli ikan di kawasan-kawasan yang tidak semestinya.

 "Agar produknya yang dibeli di kawasan semestinya terjamin," ucapnya.

 Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Mempawah, Gusti Basrun mengatakan, sebanyak 36 para pedagang ikan yang berjualan di kawasan pinggiran jalan, direlokasi ke kawasan pasar ikan Pelabuhan Kuala Mempawah.

"Sebenarnya ada 45 pedagang yang ingin berjualan di kawasan pasar ikan Pelabuhan Kuala Mempawah. Namun, karena lokasi pasar ikan Pelabuhan Kuala Mempawah hanya bisa cukup ditempati sebanyak 36 pedagang,"katanya

 Masih banyaknya para pedagang yang belum mendapati lapak berjualan, sesuai dengan komitmen Bupati Mempawah, secara bertahap pasar ikan Kuala Mempawah akan ditambah fasilitasnya.

"Akan ditambah lapak untuk para pedagang ikan," katanya.

Nantinya, para pedagang yang direlokasi, akan diberikan waktu lima hari untuk merapikan kawasan-kawasan, tempat mereka berjualan ikan sebelumnya. (ruben/shella)