Senin, 17 Februari 2020


Tiga Peserta CPNS Didiskualifikasi di Hari Pertama

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 154
Tiga Peserta CPNS Didiskualifikasi di Hari Pertama

TES CPNS – Potret peserta seleksi yang menunggu giliran untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2020, di SMKN 1 Mempawah Hilir, Selasa (11/2). SUARA PEMRED/RUBEN

MEMPAWAH, SP - Sebanyak tiga peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2020, dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dinyatakan diskualifikasi (gugur) dalam sesi pertama di hari pertama, di SMKN 1 Mempawah Hilir, Selasa (11/2).

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan, dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mempawah, Abdullah, membenarkan bahwa ada tiga orang yang tidak bisa mengikuti tes di hari pertama.

"Tiga orang yang diskualifikasi, di antaranya dua peserta yang tak hadir dan seorangnya lagi karena datang terlambat, sehingga tidak bisa mengambil nomor pin pelaksanaan tes CPNS," ujarnya.

Abdulah mengatakan, pelaksanaan tes SKD hari pertama dibagi menjadi lima sesi. Masing-masing sesi diikuti 75 peserta, dengan total yang mengikuti pelaksanaan seleksi sekitar 375 peserta.

"Jadi, tes dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 19.00 WIB," katanya.

Abdulah mengingatkan, agar seluruh peserta CPNS yang mengikuti seleksi CPNS tahun 2020 untuk selalu disiplin waktu. Dan ke depan, tidak ada lagi peserta yang akan didiskualifikasi.

"Peserta wajib hadir paling lambat 1 jam, sebelum pelaksanaan SKD, karena akan ada registrasi dan pemberian pin bagi peserta. Bagi yang tidak hadir dan terlambat maka akan gugur,"  terangnya.

Para peserta yang mengikuti seleksi CPNS, wajib membawa kartu peserta ujian, e-KTP atau surat keterangan, memakai baju kemeja putih dan celana kain hitam.

"Ingat, peserta dilarang membawa handphone, ikat pinggang, dan barang lainnya. Karena harus dititipkan terlebih dahulu. Karena saat akan mengikuti pelaksanaan tes, petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh peserta," pungkasnya. (ben/lha)

Lancar dan Tertib

Wakil Bupati Kabupaten Mempawah, Muhammad Pagi mengatakan bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun 2020, berjalan dengan lancar dan tertib.

"Saat melakukan pemantauan,  pelaksanaan tes SKD CPNS hari pertama berjalan dengan lancar, aman, dan tertib bahkan sesuai dengan mekanisme ditentukan," katanya.

Ia mengatakan, dalam seleksi CPNS dengan menggunakan sistem CAT, hasilnya murni dari peserta yang mengikuti tes.

"Jadi, ini semua berdasar kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh peserta," ucapnya.

Pagi berharap, dari hasil tes CPNS ini dapat melahirkan CPNS yang berkualitas, berbobot, dan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat ke depannya.

"Mudah-mudahan, hasilnya nanti adalah orang orang yang memiliki kualitas SDM yang baik," harapnya. (ben/lha)