Senin, 17 Februari 2020


Pemkab Mempawah Sabet Dua Penghargaan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 60
Pemkab Mempawah Sabet Dua Penghargaan

PENGHARGAAN - Bupati Kabupaten Mempawah menerima penghargaan SPIP dan APIP pada acara Rakerda Satgas Saber Pungli, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Rabu (12/1). IST

MEMPAWAH, SP - Pemerintah Kabupaten Mempawah kembali menyabet dua penghargaan sekaligus di bidang pengawasan, yakni Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang telah mencapai level 3 di tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Deputi BPKP Pusat didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Dikdik Sadikin, pada acara Rakerda Satgas Saber Pungli, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Rabu (12/1).

Kegiatan Rakerda yang bertemakan "Melalui Rakerda Saber Pungli Kita Tingkatkan Sinergitas dalam Pemberantasan Pungutan Liar Guna Mewujudkan Kalimantan Barat Semakin Maju" tersebut, dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat dan dihadiri Tim Satgas Saber Pungli Polhukam, Forkorpimda Provinsi Kalbar, Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Barat, Kapolres dan Ketua Tim Saber Pungli Kab/Kota dan Inspektur se-Kalbar.

Bupati Kabupaten Mempawah, Erlina, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kepada seluruh SKPD Mempawah yang telah bekerja keras dan maksimal, sehingga Pemerintah Kabupaten Mempawah telah mampu mendapat Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP level 3 yang dinilai oleh BPKP Provinsi Kalbar.

"Ada 11 kabupaten yang mendapat maturitas SPIP telah mencapai level 3, sedangkan Kapabilitas APIP yang mencapai level 3 sebanyak 8 Pemda. Alhamdulillah, Pemkab Mempawah mendapat kedua penghargaan tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Erlina mengatakan, apresiasi yang telah diterima merupakan motivasi bagi Pemkab Mempawah untuk meningkatkan kinerja agar tata kelola pemerintah lebih baik ke depannya.

"Kami berharap, mendapat bimbingan dari BPKP Kalimantan Barat agar Pemkab Mempawah ke depan mampu meningkatkan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP. Sehingga, terciptanya tata kelola pemerintahan yang lebih baik di Kabupaten Mempawah," harapnya. (ben/lha)

Siap Membantu Pemda

Deputi BPKP Pusat, Iwan Taufiq Purwantom mengucapkan selamat kepada seluruh Kepala Daerah yang telah mendapat penghargaan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP level 3 berdasarkan hasil quality assurance oleh BPKP Kalbar.

"Penghargaan yang diterima ini sebagai bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah, yang telah menyelenggarakan Tata Kelola Pemerintahan yang baik. Ini juga sebagai motivasi bagi pemerintah daerah lainnya, yang belum mampu mencapai Maturitas Penyelenggaraan SPIP dan Kapabilitas APIP level 3," ungkapnya.

Iwan mengatakan bahwa Kepala Perwakilan BPKP yang baru dilantik, siap membantu Pemerintah Daerah dalam membimbing dan melakukan pendampingan guna mendorong terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik. 

"Saya yakin, Kepala BPKP yang baru beserta tim BPKP, dengan sangat senang hati membangun sinergitas bersama Pemda di Kalimantan Barat, sehingga percepatan terciptanya good governance dapat tercapai," katanya. (ben/lha)