dr Karolin Margret: Jadi Tempat Curhat Masyarakat

Nasional

Editor sutan Dibaca : 826

dr Karolin Margret:  Jadi Tempat Curhat Masyarakat
dr Karolin Margret Natasa, Anggota Komisi IX DPR RI. (corneliscenter.blogspot.com)
Usai  mendapatkan gelar dokter pada 2007 di Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta,  Karolin Margret Natasa kepincut menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Penempatan pertamanya adalah sebagai dokter di Puskesmas Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Statusnya yang juga merupakan anak dari Bupati Landak saat itu, menjadikan Karolin sebagai tempat curhat masyarakat sekitar.

 “Ketika di puskesmas, saya tidak mengurusi soal kesehatan saja. Malah sebagian besar waktu saya adalah menerima tamu, mendengarkan keluhan masyarakat,” kata wanita berparas cantik ini.  

Jabatannya yang hanya sebagai dokter, bukan kepala puskesmas,  menyebabkan Karolin tak berdaya tiap kali menghadapi warga yang curhat soal masalah kesehatan.
    “Terkadang biaya dokter saya bebaskan. Namun jika mereka perlu dirujuk atau memerlukan pengobatan lebih lanjut, saya merasa tidak berdaya, tidak banyak hal yang bisa saya buat lebih jauh,” kenangnya.

 
Satu-satunya yang dapat dia lakukan kala itu, adalah menyampaikan kepada ayahnya yang menjabat sebagai Bupati Landak, kemudian segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait.

Kedekatan dengan masyarakat inilah, yang kemudian mengetuk sanubarinya sehingga terpanggil untuk melakukan hal yang lebih besar bagi masyarakat, terutama masyarakat pedalaman di Kalbar.

“Sehingga saya berpikir, mungkin lewat jalur politik saya bisa berbuat lebih banyak, bahkan mungkin bisa lebih luas yang bisa saya bantu. Walaupun tidak menyelesaikan semua persoalan, tapi saya merasa akan terasa lebih besar manfaat yang akan saya berikan bagi masyarakat ketika saya memiliki power politik.  Itu salah satu pertimbangannya,” tuturnya. (hendra cipta/pat)