Oesman Sapta Yakin Amerika Tetap Butuh Indonesia

Nasional

Editor Soetana hasby Dibaca : 759

Oesman Sapta Yakin Amerika Tetap Butuh Indonesia
PILPRES AS - Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta memberikan keterangan, Kamis (10/11) di Kota Pontianak, pasca terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS. (SP/Ist)

PONTIANAK, SP – Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta meyakini Amerika Serikat di bawah kepimpinan Donald Trump tetap membutuhkan Indonesia.

"Dari pada berseteru dengan Indonesia, Amerika pasti akan memilih mencari keuntungan ekonomi. Mereka tetap membutuhkan pasar dan bahan baku yang berasal dari Indonesia,” kata Oesman, Kamis (10/11), di Kota Pontianak.

Menurut Oesman, Indonesia tidak bisa pisah dengan Amerika. “Seperti  kita juga berhubungan dengan Cina, Jepang dan negara lainnya", ujar dia.

Tetapi, Oesman menambahkan, Amerika mewaspadai Indonesia karena masyarakatnya juga mampu mengalahkan mereka. “Kita punya empat pilar, itulah kunci bagi kemajuan dan  kekuatan kita. Karena itu kita harus terus menjaga dan mengawalnya,”  kata Oesman.

Dia menilai kemenangan Donald Trump dari pesaingnya Hillary Clinton, karena isu yang dipilih Trump selama kampanye.  “Trump mengimingi penurunan pajak, sehingga ia banyak diterima oleh para penguasaha. Karena pajak di sana, memang sering menjadi momok yang tidak disenangi penguasaha,” tegas Oesman. (ang)