Mi Goreng dan Pose Jokowi-Megawati Soekarnoputri

Nasional

Editor Soetana hasby Dibaca : 804

Mi Goreng dan Pose Jokowi-Megawati Soekarnoputri
SERUPUT TEH - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menikmati teh di beranda belakang Istana Mereka, Jakarta, Senin (21/11). (SP/Twitter Kantor Staf Presiden)
JAKARTA, SP – Konstelasi politik Tanah Air, pasca Demo 4 November 2016, mulai mencair. Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara personal melakukan pendekatan kepada organisasi agama, tokoh agama. Dan sejak pekan lalu, Presiden Jokowi  mulai melakukan pertemuan dengan ketua umum partai.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati  Soekarnoputri, Senin (21/11), dijamu Presiden Jokowi di Istana Negara. Keduanya berbincang sambil menyantap menu makanan siang, di antaranya tersaji  mi goreng, tahu goreng, sambal kecap, udang bakar, ikan bakar, dan pepes.

Jokowi mengatakan, pertemuan dengan Ketua Umum PDI-P, partai pengusungnya di Pilpres 2014 lalu, sebagai budaya Nusantara yang tidak boleh tergerus."Silaturahmi dan saling kunjung adalah budaya Nusantara yang tidak boleh tergerus zaman,” ujar Jokowi.

Presiden mengutarakan dalam pertemuan itu, mereka membahas kondisi terkini Tanah Air, di antaranya Pilkada yang akan dilakukan serentak di 101 daerah.  Dia menegaskan, menang kalah dalam Pilkada merupakan hal biasa.

"Yang penting antar-kandidat itu harus saling menghormati, saling menghargai. Karena apapun kita bersaudara," jelas Jokowi.

Di sela pertemua itu, Jokowi-Mega memberikan kesempatan pada jurnalis untuk mengabadikan pertemuan mereka menyeruput teh di  beranda belakang Istana Merdeka.

Pertemuan Jokowi-Mega secara keseluruhan agenda, tak berbeda dengan pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Jumat (18/11) lalu.

Jokowi mengatakan pertemuan sejumlah ketua umum partai, termasuk dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, akan diagendakan. “Nanti semuanya akan kami atur, semuanya akan kami atur," kata Jokowi menjawab agenda pertemuan dengan SBY. (has/bbs)