Demo 212 Aman, Presiden Jokowi Pekik “Allahu Akbar”

Nasional

Editor Soetana hasby Dibaca : 764

Demo 212 Aman, Presiden Jokowi Pekik “Allahu Akbar”
TEMUI MASSA - Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla berjalan kaki di bawah guyuran hujan, menemui mass Aksi Bela Islam III di Lapangan Monas Jakarta, Jumat (2/12). (SP/@Pak_JK)
JAKARTA, SP – Presiden Joko Widodo mengapresiasi Aksi Bela Islam III yang digelar puluhan ribuan massa di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Jumat (2/12), berjalan tertib dan aman.

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla menemui para demonstran dan melaksanakan salat Jumat bersama. Meski diguyur hujan, Jokowi , JK dan sejumlah menteri berjalan kaki dari Istana Negara menuju konsentrasi massa.

Presien dan wakil preside bersama demonstran melaksanakan salat Jumat, dengan khatib Habib Rizieq Shihab. Usai melaksanakan salat, Jokowi  menuju panggung yang disediakan untuk aksi Demo 212.

 Dari atas panggung, Jokowi memberikan pidot singkat kepada kerumunan massa. "Saya ingin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya karena seluruh jemaah hadir dalam ketertiban, sehingga acara berjalan dengan baik,” kata Jokowi.
Mengakhiri pidatonya, Jokowi memekikkan takbir. “Allahu akbar, allahu akbar, alluhu akbar," ucap Jokowi sebagaimana dilansir cnnindonesia.com.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan aksi yang digelar puluhan ribuan massa itu berjalan damai. "Alhamdulillah, semua damai, mudah-mudahan sebentar lagi mereka pada bubar, pulang ke rumah masing-masing,” ujar JK.

 "Memang spontan tadi, tidak direncanakan," ujar JK bicara alasan dirinya bersama Jokowi memutuskan salat Jumat di Monas.

JK menegaskan kehadiran mereka di tengah massa tindakan spontan.  "Spontan, tidak direncanakan," kata dia.

Soal tuntutan massa terkait kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), JK  menginginkan proses hukum lebih cepat. “Ingin lebih cepat, tegas. Tapi kita tetap pada dilaksanakannya hukum yang adil," ujar JK.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan keseluruhan aksi Dmeo 212, berjalan aman.  "Saya mengucapkan puji syukur Alhamdulillah kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena ibadah yang dilaksanakan oleh Bela Islam III ini berjalan lancar, aman semua. Kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada para peserta,"  kata Tito seperti diberitakan detik.com.
 
Usai menggelar salat Jumat dan mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo,  Habib Rizieq Shihab meminta massa membubarkan diri. (has/bbs)

Komentar