Tim SAR Fokus Mencari Korban Gempa di Reruntuhan Bangunan

Nasional

Editor Soetana hasby Dibaca : 670

Tim SAR Fokus Mencari Korban Gempa di Reruntuhan Bangunan
CARI KORBAN - Tim SAR gabungan membuat akses vertikal di salah satu runtuhan bangunan yang diduga ada korban terjebak. (SP/@SAR_NASIONAL)
MEREUDU, SP – Tim Search And Rescue (SAR) gabungan, Jumat (9/12), memfokuskan pencarian korban gempa yang diperkirakan masih tertimpa reruntuhan bangunan di lima lokasi, Kabupaten Pidie Jaya, Povinsi Aceh.

Pencarian korban gempa di Leung Putu, Mereudu, Uleeglee, Trenggading, dan Darul Ulu, dilakukan tim SAR gabungan dengan menggunakan peralatan berteknologi canggih seperti life locator, life detector, search cam, dan Pal CSSR.

"Upaya pencarian kami berakhir setelah tidak ada lagi laporan warga yang hilang dari masyakarat," ujar Barokna, Koordinator Komunikasi Basarnas, seperti dilansir dalam siaran pers BNPB yang diterima www.suarapemredkalbar.com.

Pencarian dipimpin Basarnas dengan mengerahkan personel 484 orang, terdiri dari 140 personel Basarnas dari dari beberapa wilayah, seperti Jakarta dan Jambi.

BERITA TERKAIT:
Presiden Tiba di Aceh, Pantau Langsung Penanganan Korban Lindu

Terkait keamanan di lapangan, Barokna mengatakan, bahwa Basarnas sebagai leading sektor pencarian dan penyelamatan menetapkan seleksi ketat dalam melibatkan relawan SAR.

“Target utama pencarian reruntuhan pasar dan ruko di Mereudu,” ujar Barokna.

Tantangan yang dihadapi personel SAR ketika menemui reruntuhan berjenis pancake, biasanya pada bangunan bertingkat.

Sementara dari 102 korban meninggal yang berhasil dievakuasi, sudah 92 jenazah yang teridentifikasi.

Pos Komando Utama yang berlokasi di Pidie Jaya, menyebutkan 88 korban meninggal warga Kabupaten Pidie Jaya, 2 warga Bireuen, dan 2 warga Pidie. Sedangkan korban luka-luka berjumlah 589 jiwa. (has)
 
Baca Juga:
Kementerian Sosial Beri Santunan Korban Gempa Pidie 
Hari Kedua Gempa Pidie, 102 Jenazah Ditemukan