Jumat, 06 Desember 2019


Musibah Awal 2017, Kapal Feri Zahro Express Terbakar, 23 Orang Meninggal

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 1115
Musibah Awal 2017, Kapal Feri Zahro Express Terbakar, 23 Orang Meninggal

TERBAKAR - Kapal Feri Zahro Express terbakar di perairan Muara Angke, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (1/1). 23 orang tewas, 17 penumpang masih dalam pencarian. (SP/@BPBDJakarta)

JAKARTA, SP – Kecelakaan moda transportasi air mewarnai hari pertama tahun 2017. Kapal Feri Zahro Express terbakar di perairan Muara Angke, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta, Minggu (1/1).

Dilaporkan 23 penumpang tewas, 17 orang luka, 17 orang masih dalam pencarian, dan 194 selamat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kapal bertolak dari Muara Angke sekitar pukul 08.00 WIB, menuju Pulau Tidung, dengan membawa sekitar 200-an penumpang yang akan berwisata ke Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. 

Kecelakaan terjadi di radius satu mil sebelah Barat Muara Angke, sekitar pukul 08.45 WIB.

"Betul, 23 orang meninggal, 17 orang luka-luka, 17 orang hilang dan 194 orang selamat," ujar Petugas Piket Pusat Pengendalian Operasional dan Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD DKI Jakarta, Seply Madreta.

Hasil sementara yang dilakukan tim Search and Rescue (SAR) gabungan, 23 korban meninggal telah dievakuasi ke rumah sakit. Tiga korban meninggal telah teridentifikasi, Jeksen Wilhelmus, (40) warga Tajur Bogor,  Ir. Masduki, asal Cirebon, dan Alia (permpuan), dibawa ke Rumah Sakit Atmajaya.

Hingga Minggu sore, Tim SAR dari Basarnas, Dinas Penanggulangan Kebakaran DKI, Polri, BPBD DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan, TNI, Dinas Kesehatan  PMI, SKPD,  relawan dan lainnya masih melakukan evakuasi dan penanganan korban.

Penyebab kebakaran kapal dan jumlah penumpang secara pasti masih dilakukan penyelidikan petugas. Pendataan masih dilakukan. Bangkai kapal Feri Zahro Expres telah berhasil ditarik oleh Kapal Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di Pelabuhan Muara Angke. (has/ant) 

Baca Juga:
Malam Tahun Baru, Padang Diteror Bom
Pengamat: Pilgub Kalbar 2018 Bakal Seru
Kapolda Ajak Warga Kalbar Jaga Kamtibmas di Malam Ini