Badan Cyber Nasional, Ini Sasarannya

Nasional

Editor Soetana hasby Dibaca : 346

Badan Cyber Nasional, Ini Sasarannya
Ilustrasi
JAKARTA, SP – Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto segera membentuk Badan Cyber Nasional (BCN). Pembentukan BCN telah dikonsolidasikan di 12 kementerian, di antaranya Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Badan Cyber Nasional itu sudah disetujui dalam rapat, dan Presiden sudah memerintahkan agar segera dibentuk," tegas Menko Polhukam Wiranto.

Wiranto menyatakan realisasi pembentukan BCN  segera dilakukan. “Kalau bisa bulan ini sudah bisa dibentuk," ujarnya.

BCN kan bertugas untuk memilih berita-berita dan konten-konten palsu yang bisa menyebar di masyarakat. Sehingga, sebut Wiranto, isu radikalisme yang menyebar melalui internet bisa diminimalisir.
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan pembentukan BCN paling lambat direalisasikan dalam satu bulan ke depan.

Dikatakannya ada beberapa konten yang akan menjadi fokus pengamanan lembaga tersebut, antara lain adalah media sosial dan media privat, macam aktivitas bincang-bincang (chatting).

”Yang kami fokuskan itu untuk pengamanan yang media sosial. Media sosial ini rawan diakses semua orang. Kalau yang privat kita hanya pantau, kan tidak mau juga orang merasa dikejar hal-hal pribadinya," kata Rudiantara di kantor Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta, Selasa (3/1), dilansir dari cnnindonesia.com.

Rudiantara mengatakan BCN nantinya berada di naungan Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan. Sedangkan Kementerian Komunikasi dan Informasi akan menjadi pihak yang mengawasi aktivitas siber tersebut.

Rencana pembentukan BCN, sudah dicanangkan sejak Januari 2015. Namun, dibatalkan Presiden dengan alasan penghematan. Per Oktober 2016, pembentukan BCN kembali diwacanakan lantaran potensi ancaman peretas pada kegiatan siber nasional. (has)

Baca Juga:
Pelantikan SOPD KKR, Masih Menunggu Arahan Bupati
Banyak Transmigran di Kubu Raya Tidak Punya Keterampilan Bertani
Nikmatnya Buah Empakan dari Kabupaten Kapuas Hulu