Senin, 23 September 2019


Dewan Pers Terbitkan Barcode Bagi Media Cetak dan Online

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 896
Dewan Pers Terbitkan Barcode Bagi Media Cetak dan Online

Gedung Dewan Pers

JAKARTA, SP – Dewan Pers akan menerbitkan barcode kepada media cetak dan online di Tanah Air. Penerbitan barcode yang dirancang Dewan Pers itu,  sebagai upaya mempermudah masyarakat dalam membedakan media yang terpercaya dan media abal-abal.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo menegaskan pemberian barcode kepada media, untuk meminimalisir pemberitaan hoax.

"Nanti ada barcodenya, bahwa media ini trusted, terverifikasi di Dewan Pers. Ini juga bertujuan meminimalisir masyarakat dirugikan oleh pemberitaan hoax," kata Yosep, akrab disapa Stanley, Rabu (4/1).

Dikatakannya, barcode akan ditempelkan pada media cetak dan online yang dapat dipindai dengan telepon pintar yang akan terhubung dengan data Dewan Pers.

"Jadi barcode itu bukan berbentuk yang garis-garis, tetapi kotak-kotak yang menampilkan penanggung jawab media itu siapa, alamatnya di mana," kata Stanley, dilansir dari suara.com.

Dalam penciptaan sistem barcode, Dewan Pers bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Rencananya, penerbitan barcode akan diluncurkan secara bertahap mulai 9 Februari 2017 yang bertepatan dengan penyelenggaran Hari Pers Nasional di Ambon.

"Kalau ini berhasil, ini bisa menjadi cerita sukses ketika Indonesia menjadi tuan rumah World Press Freedom Day pada Mei 2017," imbuh Stanley. (has)

Baca Juga:
Terungkap Identitas Mayat Perempuan di Afdeling III
KPAID Kalbar Stagnan, Ini Tanggapan Pemprov Kalbar  
Penyelesaian Tapal Batas di Wilayah Sambas Dituntaskan Tahun Ini