Kenaikan Biaya STNK dan BPKB Berlaku Hari Ini

Nasional

Editor Soetana hasby Dibaca : 491

Kenaikan Biaya STNK dan BPKB Berlaku Hari Ini
Ilustrasi
JAKARTA, SP – Kenaikan tarif pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) diberlakukan per Jumat 6 Januari 2017. Pemberlakuan kenaikan tarif STNK dan BPKB tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani 92 persen hasil PNBP institusi Polri akan masuk ke penerimaan negara, dan digunakan untuk pelayanan Polri kepada masyarakat.

Pemberlakuan kenaikan tarif disampaikan Askolani didampingi Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Kepala Divisi  Humas Polri Irjen Boy Rafli Anwar dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/1). 

Askolani menegaskan, bahwa PNBP ini bersifat earmarking, artinya ketika sudah disetor masuk ke negara akan dikembalikan ke masyarakat untuk mendanai kegiatan yang berhubungan dengan sumber PNBP tersebut.

“Misalnya tarif PNBP untuk pengurusan STNK hanya boleh digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pengurusan STNK,” ujar Askolani. (has/setkab)

Baca Juga:
Polda Kalbar Gerebek Gudang Penyimpanan Pakaian Lelong 
Kenaikan Harga BBM Subsidi Dikaji Pemerintah Maret 2017  
Truk BBM Diamankan, Warga di Pedalaman Menjerit