Kata Menteri Asman Pejabat Sudah Dilantik Dapat Dibatalkan

Nasional

Editor Soetana hasby Dibaca : 677

Kata Menteri Asman Pejabat Sudah Dilantik Dapat Dibatalkan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur. (Setkab/Deni)
JAKARTA, SP – Menyikapi praktik jual-beli jabatan di lingkungan pemerintah daerah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan, pejabat yang telah dilantik dapat dibatalkan. Bagi penjual jabatan, diserahkan ke ranah hukum.

Hal itu disampaikan Menteri Asman Abnur ketika menjawab pertanyaan wartawan, usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/1).

“Mungkin sudah ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, kemudian karena ada kejanggalan, kita batalkan. Suruh seleksi baru, gitu,” tegas Menteri Asman.

Dia menegaskan apa yang terjadi di Pemkab Klaten, Jawa Tengah, tidak boleh lagi terjadi.

BERITA TERKAIT:
Dagang Jabatan, KPK Tetapkan Bupati dan Kepsek Klaten Sebagai Tersangka 

Kementerian PANRB dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) akan mendata masalah tersebut,  sehingga pejabat yang mengisi jabatan harus memenuhi persyaratan dari segi kepegawaian dan segi kompetensi.

Menteri juga menjelaskan akan perkuat segi administrasinya, fungsi BKN (Badan Kepegawaian Negara), golongannya sudah cukup atau belum, masa kerjanya sudah memenuhi syarat apa belum. Kemudian dari segi proses seleksinya itu akan difungsikan KASN. 

 “Jadi mengangkat seorang pejabat pimpinan tinggi itu betul-betul terseleksi. Jadi dua regulasi, dua institusi ini akan bekerja secara bersama-sama sehingga nanti kita harapkan ke depan tidak ada lagi terjadi jual-beli jabatan itu,” imbuh Asman, dilansir dari situs Sekretariat Kabinet. (has)

Baca Juga:
Udin Penerima Ratusan Detonator dari Sulsel Masih Dicari 
Lindungi Pedagang Kecil, Dewan Minta Indomaret dan Alfamart Ditinjau Ulang
1.400 Kasus Pelanggar Perda Diadili, Terbanyak Soal Sampah