Ini Harapan Oso dari Pengganti Irman Gusman di DPD RI

Nasional

Editor hendra anglink Dibaca : 614

Ini Harapan Oso dari Pengganti Irman Gusman di DPD RI
LANTIK - Oesman Sapta bersama Leonardy Harmainy usai pelantikan sebagai Anggota DPD RI menggantikan Irman Gusman, di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (23/5). (Ist/SP)
JAKARTA, SP - Leonardy Harmainy Datuk Bandaro dari Provinsi Sumatera Barat menjalani agenda pelantikan sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (23/5).

Sebagai senator, Leonardy menggantikan Irman Gusman yang kini tengah menjalani proses hukum akibat tersandung perkara tindak pidana korupsi. 

"Diharap Leonardy dapat memperkuat DPD dalam membangun daerah," kata Oesman Sapta Odang, Ketua DPD RI usai pelantikan berlangsung. 

Ia mengatakan, setelah pelantikan hari ini, keanggotaan dan alat kelengkapannya akan disesuaikan. 

"Terkait pelantikan ini, keanggotaan dan alat kelengkapan dari Sumatera Barat segera disesuaikan agar tidak menghambat alat kelengkapan," ujar tokoh besar asal Kalbar yang biasa dipanggil Oso inu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberhentikan Irman melalui Keputusan Presiden tertanggal 16 Mei 2017. Irman diberhentikan karena telah menerima vonis 4,5 tahun penjara pada Februari lalu terkait dengan kasus korupsi. 

Irman terbukti menerima suap Rp100 juta dari pasangan suami-istri pengusaha gula, Xaveriandy Sutanto dan Memi. Suap diberikan terkait dengan jasa Irman membantu keduanya mendapatkan kuota pembelian gula impor dari Perum Bulog untuk Provinsi Sumatera Barat. Suap diberikan di rumah Irman pada 16 September 2016. (det/ang)

Komentar