KSOP: Seluruh Penumpang Dharma Kencana Selamat

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 99

KSOP: Seluruh Penumpang Dharma Kencana Selamat
Ilustrasi. Net
SEMARANG, SP - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, memastikan seluruh penumpang KM Dharma Kencana II jurusan Semarang-Pontianak, dan terbakar di Laut Jawa pada Minggu pagi telah terselamatkan.

KM Dharma Kencana berangkat dari Semarang pada Sabtu (28/10), pukul 17.00 WIB. Kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, tujuan Pontianak, Kalimantan Barat, itu terbakar di 47 mil barat laut Karimunjawa, Minggu (29/10), pukul 04.15 WIB.

"Total ada 209 penumpang termasuk kru kapal sudah dievakuai," kata Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang Gajah Rooseno.

Seluruh penumpang telah diturunkan dengan menggunakan sekoci dan kemudian dievakuasi ke KM Kirana 1 yang sebelumnya lebih dahulu melalui jalur pelayaran itu.

"Nahkoda meninggalkan kapal paling akhir," tambahnya.

Para penumpang tersebut, dievakuasi ke Pelabuhan Kumai karena memang lebih dekat. Nantinya para awak kapal akan dibawa ke Semarang untuk proses investigasi lebih lanjut.

Selain penumpang manusia, Dharma Kencana II juga mengangkut 48 kendaraan berbagai jenis. “Kapal saat berlayar dalam kondisi baik dengan cuaca yang mendukung juga,” ujarnya.

Sementara itu, Ditektur Utama PT Dharma Lautan Utama Erwin Poejono mengatakan, kapal nahas tersebut sudah 10 tahun melayani rute Semarang-Pontianak.

"Usia kapal masih layak," katanya.

Perusahaan operator KM Dharma Kecana II itu menyatakan, akan memfasilitasi seluruh kebutuhan penumpang, termasuk jika akan ada yang kembali ke Semarang. 
Kapal penumpang KM Dharma Kencana II dilaporkan terbakar di perairan barat laut Pulau Karimunjawa, Minggu pagi, 29 Oktober 2017. 

Juru bicara Basarnas Kantor SAR Semarang, Zulhawary Agustianto mengatakan sejumlah kapal yang berada di sekitar lokasi kejadian telah dikerahkan untuk membantu proses evakuasi penumpang. 

“Para penumpang kapal KM Dharma Kencana sudah diselamatkan dengan alat keselamatan yang ada di kapal,” katanya.

Keterangan yang sama juga diberikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jepara Lulus Suprayetno. Ia mengatakan semua penumpang KM Dharma Kencana II berhasil diselamatkan.

Lulus mengatakan jumlah penumpang KM Dharma Kencana tercatat 114 dewasa, tiga anak-anak, dan satu bayi. Adapun kendaraan yang diangkut di antaranya kendaraan golongan dua 20 unit, golongan tiga 8 unit, golongan empat 1 unit, dan golongan lima 17 unit. (ant/tem/lis)