Acara Pernikahan Kahiyang Sederhana

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 88

Acara Pernikahan Kahiyang Sederhana
NIKAHAN KAHIYANG - Ketua DPD RI, Oesman Sapta dan Serviati Oesman menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Solo, Rabu (8/11). Sehari sebelumnya, Oesman Sapta juga ikut dalam acara siraman terhadap Bobby Nasution. (Ist)
SOLO, SP – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Oesman Sapta dan istri, Serviati Oesman menghadiri prosesi pernikahan anak Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Solo, Rabu (8/11). Sehari sebelumnya, Oesman Sapta juga ikut dalam acara siraman terhadap Bobby Nasution.  

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan acara pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution berlangsung secara sederhana. "Acaranya sederhana, tapi yang hadirnya yang banyak," kata Wapres ditemui usai menjadi saksi dalam pernikahan Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11).

Menurut JK yang mengenakan pakaian adat khas Bugis sewaktu acara ijab kabul, dekorasi pernikahan juga seperti pada umumnya pernikahan warga. "Dekorasi iya biasa saja," ujar Wapres.

Dalam acara akad itu, Wapres JK bertindak sebagai saksi pernikahan bersama Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Keluarga besar Jokowi dalam acara pernikahan menyajikan kuliner tradisional bagi tamu undangan yang hadir antara lain serabi solo, martabak telur dan martabak manis, sate kere, timlo, cabuk rambak, serta minuman sari buah.

Selain itu, lagu-lagu yang dilantunkan untuk menghibur tamu merupakan lagu tradisional berbahasa Jawa yang dilantunkan dengan jazz, semakin mengentalkan adat Jawa dalam prosesi tersebut.

Presiden juga meminta maaf kepada masyarakat Solo dan sekitarnya jika terjadi kemacetan arus lalulintas karena prosesi pernikahan putrinya.

Pada resepsi malam harinya, sebanyak delapan kereta kencana mengantar mempelai Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution menuju ke gedung pernikahan Graha Saba Buana.

Pantauan di lapangan di Solo, Rabu, mempelai menggunakan busana adat pengantin Jawa berwarna hitam. Sama dengan resepsi siang hari, pada malam hari di depan gedung dipadati oleh ratusan orang yang terdiri dari para relawan dan warga sekitar.

Sesaat sebelum mempelai tiba di gedung, terlihat sejumlah bus berukuran besar membawa para tamu undangan. Sebagaimana diketahui, bus pembawa tamu undangan tersebut menjemput para tamu dari kantung parkir Manahan.

Mengingat tempat parkir di sekitar gedung terbatas, kantung parkir dibagi di tiga tempat, yaitu Komplek Manahan, Lapangan Banyuanyar, dan Lapangan Sumber.

Salah satu pejabat nasional yang terlihat menghadiri resepsi pada malam hari, yaitu Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2017-2020 Arief Hidayat. Selain itu, terlihat pula Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Pejabat nasional yang juga terlihat hadir di antaranya Jaksa Agung M Prasetyo, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf, dan Menkopolhukam Wiranto.

Selain itu, terlihat pula sutradara Indonesia Jay Subiakto, komedian Jarwo Kuat, dan penyanyi asal Solo Endah Laras. Pada resepsi tersebut terlihat pula Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat yang menjadi salah satu tamu undangan.

Sementara itu, selain dihadiri oleh pejabat pusat dan pelaku seni, warga sekitar juga turut hadir memenuhi undangan resepsi tersebut. Salah satu tamu dari warga sekitar Suryadi mengatakan sangat antusias menghadiri resepsi pernikahan tersebut.

"Saya kebetulan tetangga pak Joko Widodo. Kebanyakan memang tetangga diundang di resepsi malamnya," katanya.

Sebelumnya, sehari jelang pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, kedua calon mempelai melakukan proses siraman. Kahiyang melakukan siraman di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara Kota Solo, Jawa Tengah. Sementara Bobby menjalani siraman di Hotel Alila, Solo.

Selasa (7/11), Bobby Nasution tengah menjalani prosesi siraman. Sebanyak 13 orang akan memandikan Bobby saat prosesi siraman. Salah satu di antara orang yang memandikan Bobby adalah Menko Polhukam Wiranto dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang. (ant/lip/lis)