Ribuan Warga Antusias Saksikan Kirab Budaya Kahiyang-Bobby

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 72

Ribuan Warga Antusias Saksikan Kirab Budaya Kahiyang-Bobby
KIRAB - Ribuan warga antusias menyaksikan kirab budaya pernikahan puteri Presiden, Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution di Medan, Minggu (26/11). (Okezone)
MEDAN, SP - Ribuan warga terlihat antusias menyaksikan kirab budaya yang diikuti Presiden Joko Widodo dalam pernikahan puterinya Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution di Medan, Minggu (26/11).

Kepada Antara di Medan, sejumlah warga mengaku sudah berada di Jalan Gagak Hitam yang menjadi rute kirab sebelum pukul 07.00 WIB. Beberapa warga mengaku sengaja mendatangi rute kirab budaya sejak awal agar tidak terjebak kemacetan.

Warga yang menyaksikan kirab budaya yang diikuti Presiden Joko Widodo tersebut bukan hanya dari Kota Medan, melainkan warga dari Kabupaten Deliserdang dan Kota Binjai.

Engga (54), warga Desa Sidourip, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang mengaku sengaja menginap di rumah anaknya yang bertempat tinggal di Kota Medan, agar dapat menyaksikan kirab tersebut.

Menurut dia, kirab budaya tersebut sangat menarik, apalagi diikuti Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi beserta keluarga besarnya.

"Jarang-jarang ada seperti ini, makanya saya mau nengok (menyaksikan)," ucapnya.

Sementara itu, Nur Kamariah (69) mengaku sangat bangga dengan kirab budaya tersebut, disebabkan akan menampilkan berbagai budaya di Tanah Air.

Warga Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang tersebut mengaku mengikuti pemberitaan mengenai pernikahan Kahiyang-Bobby, terutama tentang kirab budaya sehingga tertarik ingin menyaksikan.

"Saya ingin melihat budaya Sumatera Utara dalam kirab ini, apalagi Pak Jokowi senang dengan budaya yang ada di Indonesia," tuturnya.
Dalam kirab itu, Presiden Joko Widodo melemparkan cendera mata pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution dari kereta kencana yang ia tumpangi.

Sejak kirab dimulai dari gedung MICC di Jalan Ringroad, Medan ke lokasi pesta tepatnya di kediaman Bobby, Komplek Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah, Presiden yang menumpangi kereta kencana urutan kedua melemparkan bungkusan hitam kepada masyarakat yang memenuhi kedua sisi jalan.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak warga yang menyaksikan kirab budaya di tepi jalan.

Sebagai balasannya, Presiden dibantu dengan Ibu Negara Iriana Jokowi dan putra bungsunya Kaesang Pangarep melemparkan bungkusan hitam yang diketahui berisi topi merah bertuliskan "Terima kasih Bobby & Kahiyang". Hal itu dilakukan Presiden sepanjang perjalanan kirab.

Kirab diawali dengan barisan puluhan polwan yang mengenakan baju tradisional Batak dengan berbagai variasi.

Menyusul di belakangnya kereta kencana sang pengantin Kahiyang Ayu-Bobby Nasution yang dihias dengan kain ulos. Kedua pengantin tampak bahagia dengan melempar senyum dan lambaian tangan ke masyarakat yang mengerumuni jalanan.

Di belakang kereta Kahiyang-Bobby ada kereta Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep. Kereta-kereta itu ditarik oleh dua ekor kuda dan dikendalikan satu kusir.

Menyusul di belakangnya adalah kereta yang membawa ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar dan paman Bobby, Dolli S Siregar.

Di kereta keempat ada Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda serta Jan Ethes Srinarendra. Kereta selanjutnya berisi orangtua Jokowi, Eyang Noto serta Bapak dan Ibu Miryono.

Kereta keenam menjadi tumpangan Bapak dan Ibu Setiawan dan Bapak serta Ibu Widodo Prasetyo, terakhir ada kereta yang mengangkut Bapak dan Ibu Didit dan Bapak dan Ibu Dendy.

Sehingga total ada 7 kereta kuda besar dan sejumlah kereta kuda kecil dari Berastagi, kabupaten Karo yang ikut dalam kirab tersebut. (ant/lis)