Kapolri Lantik Tiga Kapolda

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 65

Kapolri Lantik Tiga Kapolda
Ist
JAKARTA, SP - Tiga Kapolda baru resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam acara serah terima jabatan di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/11).

Tiga Kapolda tersebut adalah, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Umar Septono, Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Didi Haryono, dan Kapolda Kepulauan Riau Irjen Didid Widjanardi.

Pergantian jabatan tiga Kapolda ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2750/XI/2017 yang diterbitkan pada 16 November 2017. 

Selain itu, empat perwira tinggi lainnya yang juga dilantik hari ini adalah Irjen Muktiono yang dilantik sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri dan Irjen Sudjarno yang dilantik sebagai Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri.

Kapolri juga melantik Kapuslitbang Kombes Pol Indro Wiyono dan Kepala Pelayanan Markas Polri Kombes Pol Yudi Amsyah. 

Upacara serah terima jabatan dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara berlangsung pukul 08.35 WIB.

"Bahwa sumpah yang akan diucapkan saudara, disaksikan oleh yang hadir di ruangan ini dan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga apabila saudara melanggar sumpah ini, akan menjadi konsekuensi pribadi saudara, baik di dunia maupun di akhirat," ujar Tito kepada para jenderal yang terlibat sertijab. 

Jabatan Kapolda Kalbar diserahkan Irjen Erwin Triwanto kepada Brigjen Didi Haryono, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kepri. Irjen Erwin dimutasi sebagai Anjak Utama Bidang Akpol Lemdiklat Polri.

Assisten SDM Polri, Irjen Arief Sulistyanto mengatakan, penunjukan Brigjen Didi sebagai Kapolda Kalbar, karena sebagai putra daerah, Didi sudah pasti tahu kondisi masyarakat, budaya dan tantangan, serta harapan masyarakat Kalbar.

Didi pernah bertugas saat Arief menjabat sebagai Kapolda Kalbar. Saat itu, Didi bertugas sebagai Irwasda Polda Kalbar. Tentu hal itu menjadi modal dan pengalaman dalam memimpin Polda Kalbar, agar bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan yang terbaik untuk Kalbar.

“Beliau sudah paham betul, bagaimana pola dan gaya leadership yang baik dan pernah dialami dalam mengelola organisasi Polda Kalbar,” ujarnya.

Sebagai mantan Polda Kalbar, Arief mohon kepada seluruh tokoh masyarakat Kalbar, untuk mendukung kepemimpinan Didi sebagai Kapolda Kalbar. 

“Ini adalah keputusan Pimpinan Polri yang terbaik dengan menunjuk Putra Kalbar sebagai Kapolda Kalbar. Semoga Pak Didi Sukses,” kata Arief. (ant/ang/lis)