Yenny Wahid: Jangan Pilih Kepala Daerah Intoleran

Nasional

Editor Andrie P Putra Dibaca : 108

Yenny Wahid: Jangan Pilih Kepala Daerah Intoleran
Yenny Wahid. (antara foto)
JAKARTA, SP - Direktur Wahid Institute, Yenny Wahid mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memilih kepala daerah yang intoleran. Sebaliknya, kepala daerah yang memiliki komitmen untuk tidak korupsi, dianggap mampu menciptakan masyarakat di daerahnya terus menjaga toleransi.

"Karena tumbuhnya ektrimisme dan intoleransi karena faktor kesenjangan sosial," kata Yenny, Rabu (6/12) di Jakarta.

Yenni Wahid menyatakan, persoalan intoleransi sesungguhnya tidak hanya persoalan Indonesia, tapi juga persoalan seluruh dunia.

Sekarang, kata Yenny, banyak anak muda yang merasa putus asa karena masa depannya suram, teralienasi dan terdiskriminasi.  Mereka mudah untuk menjadi target radikalisasi. Oleh karena itu sangat relevan untuk bicara tentang HAM dan toleransi di Indonesia.

Satu di antaranya bagaimana peran kepala daerah membangun infrastruktur dan memberikan hak dasar masyarakat merata di seluruh daerah. Seperti akses pendidikan, kesehatan dan lainnya.

"Untuk mewujudkannya ya ada kepada peran kepala daerah yang komitmen untuk tidak korupsi dan fokus menggunakan anggaran untuk kesejahteraan masyarakatnya," kata Yenny. (loh)