Ketua LAN RI: Birokrasi Penentu Investasi

Nasional

Editor Andrie P Putra Dibaca : 70

Ketua LAN RI: Birokrasi Penentu Investasi
PEMAPARAN – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji memaparkan soal membangun iklim investasi yang baik dalam penganugerahan LGCB Award 2017. (SP/Balasa)
JAKARTA, SP - Birokrasi daerah jadi salah satu penentu investasi daerah. Apalagi pasca reformasi, daerah dituntut berlomba dalam meningkatkan kemampuan daya saing. Mereka mesti berkompetisi menarik investor masuk.

Birokrasi disebut Kepala Lembaga Administrasi  Negara (LAN) Republik Indonesia, Adi Suruanto sebagai salah satu mesin utama penggerak perekonomian daerah. Namun yang harus diperhatikan adalah peran daerah melalui instrumen kebijakan untuk membangun tata kelola ekonomi daerah.

"Walau saat ini belum banyak tersentuh secara khusus, untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam mengelola perekonomian di daerahnya," ucapnya dalam acara Local Government Capacity For Business Indek 2017 di Hotel Aryaduta, Gambir Jakarta Pusat,  Senin (18/12).

Pihaknya dalam hal ini berinisiatif untuk melakukan penilaian terhadap kapasitas pemerintah daerah tersebut. Di mana ada variabel bagi pemerintah kabupaten atau kota untuk masuk di dalamnya.

Indikator itu antara lain, inisiatif daerah,  dengan indikator kebijakan, SDM, dan pelayanan  perizinan. Potensi daerah dengan indikator kondisi infrastruktur,  keamanan daerah dan ketenagakerjaan. Hasil dengan indikator perkembangan  investasi,  pendapatan perkapita dan tingkat kemiskinan.

LAN tidak bekerja sendiri dalam memberikan penilaian. Mereka juga bekerja sama dengan Partnership For Ekonomic Governance (AIPEG). (bls)