Kebakaran Gedung Kemenhub Sebabkan Korban Jiwa

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 1027

Kebakaran Gedung Kemenhub Sebabkan Korban Jiwa
KOORDINASI – Para petugas Damkar melakukan koordinasi penanganan kebakaran di Kemenhub, Minggu (8/7) pagi. (Antara Foto)
JAKARTA, SP – Kebakaran Gedung Karya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat, Minggu (8/7) dini hari, menyebabkan tiga orang meninggal dunia. Dari rilis Unit Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan (AGD Dinkes) DKI Jakarta, ada 17 nama korban kebakaran dengan 14 orang di antaranya selamat. Tiga korban meninggal tersebut atas nama Khairul, Santoso dan Muhammad Ridwan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Subejo menyampaikan dugaan tempat pertama titik kebakaran di P1 sisi 7, api relatif kecil, kemudian menyebar ke titik lainnya dan asap tebal menyebar ke atas. Mendapat laporan, tiga unit mobil Damkar Jakarta Pusat langsung menuju lokasi sekitar pukul 04.00 WIB.

Tiga unit mobil tersebut kemudian disusul unit lainnya hingga total 17 mobil dari berbagai unit, termasuk tim Light Rescue Unit bersiaga untuk memberikan pertolongan pertama. Sekitar pukul 07.00 WIB, petugas berhasil menguasai area gedung agar api tidak makin menyebar dan tim pertama naik ke gedung untuk melakukan evakuasi korban.

Keberadaan korban segera dapat diketahui karena mereka melemparkan kertas dan berbagai barang lainnya dari lantai 5, 11, dan 18. Pada awalnya, petugas hendak menggunakan tangga mobil Damkar dari sisi luar gedung untuk mengevakuasi korban. Namun, karena tinggi gedung 29 lantai, rencana tidak memungkinkan.

"Jadi, upaya yang dilakukan begitu api bisa dikuasai, tim masuk untuk menyisir," kata Subejo.
 
Petugas pemadam kebakaran menyatakan api berhasil dipadamkan pada sekitar pukul 07.30 WIB dan proses penyisiran untuk evakuasi berhasil dilanjutkan hingga lantai yang lebih tinggi. Hingga pukul 08.00 WIB, petugas berhasil mengevakuasi 14 korban selamat dari gedung, kemudian pukul 08.15 WIB jenazah ditemukan di tangga darurat dan berhasil dievakuasi keluar.

"Tiga orang berjenis kelamin laki-laki ditemukan tewas di lantai 5, 9, dan 11 Gedung Kementerian Perhubungan, kehabisan oksigen," kata dia.

Sementara penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting atau arus pendek di ruang CCTV di lantai P1. Namun, kepolisian nantinya yang akan menyelidiki lebih lanjut.

"Ada kemungkinan bisa juga arus pendek yang ada di ruang CCTV itu, kemungkinan ya. Masih proses penyelidikan," ucap Kasiops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Pusat Syarifudin. (ant/bls)