Polda Jateng Tangkap Dua Calo Penerimaan Bintara Kepolisian

Nasional

Editor Indra W Dibaca : 1245

Polda Jateng Tangkap Dua Calo Penerimaan Bintara Kepolisian
Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah menangkap calo penerimaan Bintara kepolisian. (Ist)
JAWA TENGAH, SP - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah berhasil menangkap dua orang pelaku yang diduga menjadi calo di penerimaan Bintara kepolisian setempat.

Keduanya masing-masing adalah Sodikun dan M Ali Nurudin yang telah menipu korbannya sebesar Rp320 juta.

"Modusnya menjanjikan calon siswa yang telah gugur akan dimasukkan kembali melalu jalur khusus," kata Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto, Selasa (10/7).

Ihwal kejadian tersebut bermula pada pertengahan bulan Mei 2018, salah satu orangtua calon siswa Bintara kepolisian yang telah gugur di tahapan pemeriksan kesehatan mendatangi Sodikun, meminta tolong memasukkan kembali anaknya diproses seleksi.

Kemudian Sodikun menyanggupi, dengan syarat disiapkan uang Rp350 juta untuk membayar M Ali Nurudin, yang menurut Sodikun adalah orang dari Mabes Polri.

Dua minggu kemudian, korban kembali bertemu Sodikun lalu menyerahkan uang sebesar Rp320 juta. Sodikun yang menerima uang itu lalu mendatangi M Ali Nurudin dan hanya menyerahkan uang Rp100 juta.

"Mereka cekcok, karena uang yang diberikan Sodikun tak sesuai komitmen. Ali pun mengancam dengan pistol airsoftgun," jelas Arief.

Atas ancaman tersebut, Sodikun sempat melaporkan M Ali Nurudin ke polisi setempat. Namun kepolisian tak hilang akal.

Berdasarkan pemeriksan, keduanya memang bekerjasama untuk menjadi calo penerimaan Bintara kepolisian.

"Keduanya sudah dibawa ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut dan mengungkap kemungkinan ada korban-korban lain," tutupnya. (ang)