Terapkan Sistem Rekrutmen Bersih, Mantan Kapolda Kalbar Raih BKN Award

Nasional

Editor Indra W Dibaca : 1328

Terapkan Sistem Rekrutmen Bersih, Mantan Kapolda Kalbar Raih BKN Award
Rakornas Kepegawaian BKN 2018 di Gedung ICE BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (11/7). (Ist)
JAKARTA, SP – Perbaikan menyeluruh dalam sistem rekrutmen anggota Polri yang gawangi Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto membuahkan apresiasi tinggi, yang ditandai dengan ganjaran penghargaan BKN Award dari Badan Kepegawaian Negara.

Penyerahan penghargaan itu diterima langsung Arief dalam Rakornas Kepegawaian BKN 2018 di Gedung ICE BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (11/7).

Menurut Arief, penghargaan tersebut diterima Polri sebagai salah satu lembaga bukan kementerian yang dinilai paling berhasil dalam menyelenggarakan dan mewujudkan sistem rekrutmen PNS dan seleksi pengembangan karir atau pangkat PNS Polri secara bersih, transparan, cepat, akuntabel dan objektif melalui pemanfaatan ujian akademik dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Arief menjelaskan, CAT sendiri sudah menjadi sesuatu yang wajib ada dalam setiap kegiatan seleksi di Polri. Baik untuk rekrutmen calon anggota Polri maupun calon PNS Polri.

“CAT selain digunakan untuk rekrutmen anggota, CAT juga dimanfaatkan sebagai metode seleksi bagi anggota Polri atau PNS di lingkungan Polri untuk seleksi pendidikan dan pengembangan,” kata dia.

Proses rekrutmen dan seleksi yang bersih, transparan,akuntabel dan humanis merupakan salah satu komitmen Polri dalam mengelola sSDM untuk mewujudkan anggota yang promoter.

Selain itu, Arief juga menyebut penghargaan ini adalah suatu hadiah yang menjadi kejutan bagi Polri. Mengingat pada hari ini Polri baru saja melaksanakan upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Istora Senayan, Jakarta. (ang)