Ger-geran Presiden di Reuni Alumni UGM

Nasional

Editor Angga Haksoro Dibaca : 498

Ger-geran Presiden di Reuni Alumni UGM
Jakarta, SP - Siang tadi Presiden Joko Widodo bertemu rekan-rekan sesama alumni Universitas Gadjah Mada. Reuni berlangsung gayeng dan hangat, suasana khas kumpul-kumpul anak Jogja.   

Dalam reuni akbar Keluarga Alumnni Universitas Gadjah di Jakarta Convention Center itu, Jokowi membuat hadirin berkali-kali tertawa ngakak. Gaya bercandannya ala-ala stand up comedy.

Joko Widodo yang 5 tahun kuliah di Fakultas Kehutanan UGM menceritakan pengalamannya utang di warung makan. “Tadi pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) menyampaikan, katanya banyak yang ngutang di SGPC (warung sego pecel Bu Wiryo), benar nggak sih? Coba yang pernah ngutang di SGPC maju.”

Lha kok kebetulan salah satu alumni UGM yang maju sama-sama bernama Widodo. Spontan hadirin tepuk tangan meriah menyambut pengakuan utang alumni FISIP angkatan 1986 itu. “Jadi kalau uang kiriman belum datang, ya kita tulis di situ (nota bon). Itu saya kira hampir semua teman-teman seperti itu. Sampai lulus saya masih punya utang. Ketika sudah punya gaji, saya kembali ke sana untuk membayar,” kisah Widodo yang kembali disambut tepuk tangan hadirin.

Tapi Jokowi mengaku tidak pernah makan di warung pecel yang tak jauh dari Fakultas Kedokteran Hewan itu. Katanya warung langganannya lebih murah. Separo harga menu makanan di SGPC Bu Wiryo.

“Memang Gadjah Mada masa lalu ya seperti ini. Ngutang di warung. Sama, saya juga mengalami.”

Lain lagi cerita Faisal. Lulusan Kedokteran UGM ini mengaku pernah makan di warung SGPC Bu Wiryo tapi membayarnya tidak sesuai apa yang dia makan. Istilah jawanya –darmadji- dahar limo ngaku siji. “Pernah di SGPC ambil 5 bayarnya 2,” kata Faisal.

Spontan Presiden nyletuk. “Saya ingatkan kepada bapak, ibu sekalian yang ambil 5 tapi bayar 2 tolong dibayar sekarang. Itu di akhiratnya hati-hati nanti.” Kembali hadirin ramai tertawa.  

Presiden Joko Widodo kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada tahun 1980 sampai 1985. Nilai akademiknya di atas rata-rata dan aktif di organisasi pencinta alam Fakultas Kehutanan, Silvagama.

Reuni alumni Universitas  Gadjah Mada di Jakarta hari ini sedikit mengendurkan urat syaraf Jokowi. Besok, Presiden kembali ditunggu setumpuk pekerjaan menggatur pemerintahan sekaligus menghadapi pilpres.