Honorer Tetap Bisa Jadi Pegawai Pemerintah

Nasional

Editor Angga Haksoro Dibaca : 3863

Honorer Tetap Bisa Jadi Pegawai Pemerintah
Jakarta, SP - Ditengah polemik pembatasan usia CPNS, kabar baik datang dari Kantor Sekretariat Presiden. Presiden Joko Widodo akan menyelesaikan masalah pengangkatan tenaga honorer melalui skema penerimaan pegawai pemerintah dan perjanjian kerja.

Joko Widodo akan menerbitkan peraturan pemerintah tentang manajemen pegawai pemerintah menggunakan sistem perjanjian kerja. Pegawai honorer yang terkendala batas usia dan jenjang pendidikan tetap dapat menjadi pegawai pemerintah melalui jalur non-CPNS.

Berdasarkan UU 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai pemerintah dibagi 2 kategori. Pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). “Saat ini ada ketidakjelasan status orang yang bekerja di birokrasi tapi bukan PNS. Ini dapat diselesaikan antara lain dengan opsi status PPPK yang lebih fleksibel dibandingkan PNS,” kata Kepala Staf Kepresiden, Moeldoko, seusai rapat internal menteri, Jumat (21/9).

Saat ini terdapat 735.825 guru non-PNS yang bekerja di sekolah negeri tanpa kepastian status (honorer). Ada juga 5.359 dosen dan tenaga pendidikan di perguruan tinggi yang gajinya dibawah UMR. Opsi perjanjian kerja menjadi solusi masalah ini. “Masa orang dengan gelar master atau doktor kita gaji di bawah UMR. Ini kita perbaiki,” kata Moeldoko.