Asian Para Games, Mereka Juga Mampu

Nasional

Editor Angga Haksoro Dibaca : 247

Asian Para Games, Mereka Juga Mampu
Jakarta, SP - Sejumlah penonton Asian Para Games mulai memadati area Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/10) pagi. Asian Para Games yang dibuka tadi malam oleh Presiden Joko Widodo, akan berlangsung hingga 13 Oktober 2018.  

Penonton mulai memadati Gate 5 Gelora Bung Karno sejak pukul 07.00 WIB. Mereka menunggu di pintu loket yang baru dibuka pukul 08.00 WIB.   Asian Para Games akan menampilkan 512 nomor pertandingan dari 18 cabang olah raga. Acara pembukaan Asian Para Games tadi malam digelar meriah dan mengajak khalayak umum untuk lebih peduli pada para penyandang disabilitas.  

Sebelum acara dimulai misalnya, panitia acara memberikan panduan bahasa isyarat yang umum digunakan para penyandang disabilitas. Presiden Joko Widodo dalam beberapa bagian pidato menyampaikannya sambil menggerakan tangan menerjemahkan dalam bahasa isyarat.  

Presiden Komite Paralypic Asia (APC) Majid Rashed mengatakan, bahwa Asian Para Games ini merupakan ajang penting dalam membagun gerakan paralympic di Asia. “Ini adalah Asian Para Games dengan jumlah atlet dan jumlah negara partisipasi terbesar,” kata Majid Rashed.  

Dalam acara pembukaan Asian Para Games, hadirin juga diajak mengheningkan cipta untuk para korban gempa di Lombok, Nusa Tengara Barat, serta Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah.  

Asian Para Games berlangsung 6-13 Oktober 2018. Sebanyak 2.888 atlet penyandang disabilitas akan memperebutkan 568 medali melalui 18 cabang olah raga yang dipertandingkan.  

Jakarta, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games yang ke 3, setelah sebelumnya digelar pertama kali di Guangzhou, China tahun 2010 dan Incheon, Korea Selatan tahun 2014. (*)