Presiden: Operasional Dapat Diambil dari Dana Desa

Nasional

Editor Angga Haksoro Dibaca : 850

Presiden: Operasional Dapat Diambil dari Dana Desa
Badung, SP – Presiden Joko Widodo menjanjikan dana desa dapat diambil untuk operasional desa. Aturan yang mulai berlaku pada tahun anggaran 2019 tersebut menetapkan sekitar 5 persen dari dana desa boleh digunakan untuk biaya operasional.

“Akan adayang namanya dana oprasional desa. Jadi kepala desa jadi jelas menggunakan dana desa itu,” kata Presiden Joko Widodo saat membuka Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna ke XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan 2018 di Kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jumat (19/10).

Pemerintah kata Joko Widodo sedang menyusun draft revisi UU 22/2015 tentang Dana Desa, untuk memasukan unsur anggaran untuk dana operasioanal desa. “Kita akan revisi PP-nya. Akan kita hitung apakah akan mendapat lima persen atau empat persen. Kurang lebih lima persen,” ujar Presiden seperti dikutip Antara.

Sekitar 7 ribu perangkat desa dan kelurahan menghadiri Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna ke XX di Badung, Bali. Ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. (*)