4 Tahun Jokowi, Pengakuan Dunia dan Utang Penuntasan HAM

Nasional

Editor Angga Haksoro Dibaca : 867

4 Tahun Jokowi, Pengakuan Dunia dan Utang Penuntasan HAM
Jakarta, SP –  Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dan Ketua MUI Jawa Tengah, Habib Luthfi bin Yahya masuk dalam 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia.  

Ketiganya berurutan masuk dalam 500 tokoh muslim berpengaruh versi Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Jordania.  

Pusat Studi mencatat Joko Widodo berada di posisi ke-16 dari daftar 500 muslim dunia paling berpengaruh tahun 2019. Sementara Said Aqil Siradj berada di nomor 20 dan Habib Luthfi di nomor 37.  

Terdapat sekitar 1,9 miliar umat muslim di dunia hingga hari ini atau mencapai 24,7 persen dari populasi dunia. Jumlah itu hampir seperempat jumlah manusia sejagad.  

Keterangan mengenai latar belakang Joko Widodo seperti peran dan perjalanan karirnya saat memimpin Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden secara singkat dipaparkan dalam hasil studi “The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2019”.  

“Presiden Widodo terkenal dengan kunjungan mendadaknya untuk melihat dan mendengar secara langsung dari masyarakat setempat. Hal ini membuatnya dapat mengetahui langsung permasalahan maupun kritik-kritik sehingga membangun hubungan personal yang kuat dengan masyarakat," demikian dikutip dari hasil studi tersebut, seperti dilansir Antara.  

Keterangan mengenai Said Aqil menampilkan secara singkat sejumlah perannya dalam kegiatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Komnas HAM, pendidikan dan pelayanan sosial.  

Dalam keterangan mengenai Habib Luthfi disebutkan telah mendirikan ribuan sekolah dan masjid di Indonesia. Habib Luthfi merupakan ulama kharismatik Indonesia saat ini yang gigih menyuarakan persatuan.  

Para tokoh lainnya yang dinilai oleh Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Jordania pusat studi antara lain akademisi keagamaan yang menangani umat muslim dan mempengaruhi kepercayaannya. Maupun pejabat pemerintahan di dunia yang meregulasi faktor sosial dan ekonomi di masing-masing negara, serta para artis yang mempengaruhi budaya popular.  
Dari dunia olahraga terdapat bintang klub sepak bola Liverpool, Mohammad Salah. Pesepakbola berkebangsaan Mesir itu berada di urutan ke 46.

Remaja Palestina Ahed Tamimi juga masuk ke dalam daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia. Remaja yang pernah dibui 8 bulan karena menampar tentara Israel itu berada diurutan ke 49.  

4 Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo  

Pengumuman Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Jordania itu bersamaan dengan 4 tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Selain dianggap berhasil membangun infrastruktur yang massif dan menyediakan layanan sosial, Joko Widodo juga dianggap ‘tidak lulus’ menyelesaikan sejumlah kasus pelanggaran HAM.  

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mencatat sejumlah penyelesaian kasus pelanggaran HAM yang tak selesai di era Joko Widodo. Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan ada beberapa catatan merah yang menjadi perhatian Komnas HAM terkait komitmen Presiden merampungkan kasus pelanggaran hak asasi manusia.  

Kasus HAM yang dianggap tidak tuntas itu antara lain peristiwa penembak misterius atau Petrus yang terjadi pada 1982 hingga 1985, peristiwa penghilangan aktivis pada masa Orde Baru tahun 1997-1998, serta Trisakti, Semanggi I, Semanggi II, Talangsari, dan kerusuhan Mei 1998.  

Konflik sumber daya alam dan agrarian juga disoroti sebagai ‘pekerjaan rumah’ yang belum dituntaskan Presiden. Banyak laporan masuk dari masyarakat terkait sengketa lahan imbas dari pembangunan stasiun kereta api, bandara, waduk, dan lain-lain  

Kemudian kasus pelanggaran HAM intoleransi juga mencuat pada masa pemerintahan Joko Widodo. Dalam 4 tahun pemerintahan Jokowi, terdapat catatan penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah di Lombok Timur. Penyerangan Ahmadiyah ini terjadi pada 19-20 Mei 2018.  

Namun tidak dapat dipungkiri, masuknya Presiden Joko Widodo sebagai salah satu tokoh muslim berpengaruh di dunia dinilai sebagai bentuk pengakuan dunia.  

Direktur Relawan Tim Kampanye  Nasional Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq, mengatakan, keislaman Jokowi sangat jelas digambarkan dengan sikap kesederhanaan, kejujuran, kesantunan, transparansi dan mencoba mengantisipasi hoax dan fitnah melalui penegakkan hukum.  

“Ini yang diapresiasi dunia, sehingga nilai-nilai keislaman yang berkembang di Indonesia lewat kepemimpinan Jokowi, membuktikan bahwa Jokowi figur pemimpin yang mengamalkan nilai-nilai Islam,” kata Maman Imanulhaq. (*)