Ahmad Bustomi: Kualitas Universitas Tanjungpura Pontianak Ditingkatkan

Opini

Editor sutan Dibaca : 740

Ahmad Bustomi:  Kualitas Universitas Tanjungpura Pontianak Ditingkatkan
Ahmad Bustomi, Pemerhati Pendidikan
Sebagai salah satu perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat, sudah seharusnya Universitas Tanjungpura (Untan), terus berupaya memajukan kualitasnya. Sehingga kampus ini, dapat menduduki peringkat lebih baik.

Jika melihat peringkat Untan di perguruan tinggi se-Indonesia yang masuk dalam cluster tiga, dengan jumlah 644 perguruan tinggi, tentu hal ini membuktikan bahwa Untan kurang begitu baik peringkatnya.

Maka dari itu, pengembangan sumber daya manusia  (SDM) yakni kualitas dosennya, fasilitas kampus, dan berbagai kegiatan mahasiswa, lebih didorong lagi Tidak cukup kampus hanya menargetkan mahasiswa bisa lulus dengan cepat dan nilai bagus.

Lebih dari pada itu, mampu menelurkan mahasiswa yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan yang bersifat kefakultasan, mahasiswa diharap bisa mengembangkan kemampuannya.

Seperti, mahasiswa Fakultas Teknik, bisa menciptakan teknologi canggih. Ataupun mahasiswa Fakultas Pertanian, mampu melakukan penelitian yang bermanfaat bagi para petani.
Begitu juga dengan kualitas dosen.

Para tenaga pengajarnya harusnya tidak sekadar memenuhi kewajibannya memberikan mata kuliah. Melainkan juga dapat memotivasi para mahasiswa, lebih mengembangkan potensi mereka.


Maka dari itu, sudah menjadi tanggungjawab pemegang kebijakan, baik rektor, dekan dan para dosen, untuk mengubah mainset metode pembelajaran di kampus, agar lebih maju lagi. (umr/lis)