Langganan SP 2

'Naga Langit' Siap Meriahkan CGM 2016 di Kota Pontianak

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 1318

'Naga Langit' Siap Meriahkan CGM 2016 di Kota Pontianak
LATIHAN - Sejumlah pemain naga dari Yayasan Pemadam Kebakaran Panca Bhakti melakukan latihan memainkan arak-arakan liong naga sepanjang 60 meter di Pontianak, Kalbar, Minggu (1/2). (ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG)

PONTIANAK, SP -
Reflika "naga langit" dengan panjang 100 meter dan berkepala besar, yakni sebesar sebuah mobil minibus siap memeriahkan perayaan Cap Go Meh atau hari ke-15 Imlek di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, 22 Februari 2016.


"Naga langit akan ditampilkan pada puncak Perayaan CGM tahun 2016 di Kota Pontianak, yakni dengan atraksi reflika naga langit sepanjang 100 meter dengan kepala sebesar sebuah minibus jenis kijang innova," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pontianak, Hilfira Hamid di Pontianak, Kamis (11/2).

Ia menjelaskan, naga langit tersebut dibuat atau dipersembahkan oleh Yayasan Bhakti Suci Pontianak khusus pada Perayaan CGM di Pontianak. "Rencananya naga langit tersebut juga akan dicatatkan atau pecahkan MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), karena reflika naganya memiliki kepala yang sangat besar, yakni seperti naga dari langit," ungkap Hilfira.

Selain itu, ada juga tiga barongsai dari luar negeri, yakni dari Malaysia, Brunai Darussalam, dan Thailand yang akan ikut memeriahkan festival barongsai pada Perayaan Cap Go Meh di Pontianak. "Festival barongsai tersebut akan diselenggarakan, Kamis (18/2) di kawasan pekan kuliner CGM di Jalan Diponegoro Pontianak," kata Hilfira.

Ia menjelaskan, ketiga perwakilan barongsai dari tiga negara tersebut, sudah memastikan akan mengikuti festival barongasi Perayaan CGM di Pontianak tahun 2016. "Mudah-mudahan dengan keikutsertaan tim barongsai dari tiga negara tersebut, berdampak positif bagi pertumbuhan iklim pariwisata di Kota Pontianak, dan Kalbar umumnya," ujarnya.

Hilfira menambahkan, Perayaan CGM di Kota Pontianak, juga akan dimeriahkan oleh atraksi sebanyak 14 naga dari berbagai Yayasan Pemadam Kebakaran, barongsai serta atrkasi pawai budaya dari Etnis Tionghoa. "Khusus Perayaan CGM tahun ini, tidak ada pawai nusantara seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi lebih dikhususkan pada pawai budaya dari Etnis Tionghoa," ujarnya.

Kemudian, pada Senin malam (22/2) para reflika naga kembali akan menghibur masyarakat Kota Pontianak dan tamu-tamu dari luar dengan "naga bersinar", yakni naga-naga yang dihiasi dengan beraneka warna lampu, sehingga naga-naga tersebut akan semakin indah untuk disaksikan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pawai naga dan pawai budaya Etnis Tionghoa akan dipusatkan di Jalan Gajahmada dan Tanjungpura atau kawasan pecinan Pontianak, katanya. Hilfira berharap dengan meriahnya Perayaan CGM di Kota Pontianak itu, maka bisa mendongkrak wisatawan, baik lokal, nasional dan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kota Pontianak dan Kalbar umumnya. (ant/ind)