Koramil 03 Pontianak Barat Buka Rest Area untuk Pemudik

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 1274

Koramil 03 Pontianak Barat Buka Rest Area untuk Pemudik
Pemudik tampak beristirahat dengan anaknya di rest area (tempat istirahat) yang disediakan Koramil 03 untuk menghadapi arus balik Idulfitri 1437 Hijriah, Senin (11/7). Suara pemred/jaka iswara
PONTIANAK, SP- TNI membuka rest area (tempat peristarahatan) bagi masyarakat yang merasa kelelahan saat arus balik. Rest Area ini pada 2016 ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh TNI yang sudah dimulai sebelum Idulfitri 1437 Hijriah.

Komandan Koramil 03 Pontianak  Barat, Mayor INF Ayidin Pakaya mengatakan bahwa rest area diadakan untuk memudahkan masyarakat saat menjalani arus mudik dan arus balik.
Rest Area ini memang baru kali pertama kali di tahun 2016 kami lakukan dan ini merupakan intruksi dari komando atas,” katanya, Senin (11/7).

Keberadaan Rest Area ini, kata dia, untuk membantu masyarakat yang mudik maupun  balik ke daerah yang cukup jauh seperti Sintang, Sanggau, Putusibau, Melawi, dan sebagainya.

Adapun rest area yang disediakan oleh TNI berada pada setiap Pos TNI di Kalimantan Barat, mulai dari Kodim hingga Koramil.

Untuk di Kota Pontianak, Rest Area berada di Koramil 03, Jalan Johar Pontianak Barat.
“Kebetulan Koramil 03 ini dekat dengan Pelabuhan Dwikora , maka jelas sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk digunakan sebagai Rest Area bagi masyarakat yang belum dapat melanjutkan perjalanan, ” jelasnya.

Menurutnya, sebelum dan sesudah lebaran tindakan kriminalitas akan cendrung mengalami peningkatan terutama terjadi pada masyarakat yang mudik maupun balik. Untuk itu Rest Area diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, sehingga tidak menjadi korban kriminalitas seperti pencurian dan perampasan.


“Selain tempat istirahat kami juga menyediakan tempat salat, tempat santai, kamar mandi, toilet fasilitas kesehatan dan fasilitas lainnya,” ujarnya.

Rest Area
ini, kata dia, telah disiapkan sejak tujuh hari sebelum lebaran (H-7) hingga tujuh hari sesudah lebaran (H+7), dan jika masih tetap dibutuhkan oleh masyarakat, pihaknya akan tetap membuka dan menyediakan rest area hingga satu bulan pasca lebaran Idulfitri 1437 H.

“Selama masyarakat masih membutuhkan rest area ini, kami akan tetap melayani, bahkan hingga satu bulan setelah lebaran. Sebab, kadang-kadang arus balik ini tetap terjadi hingga satu bulan setelah lebaran karena masyarakat mencari harga tiket yang murah, ” pungkasnya. (jaka iswara/bah)