Langganan SP 2

Daftar Ulang, Wali Kota Pontianak Ancam Copot Kepsek

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 752

Daftar Ulang, Wali Kota Pontianak Ancam Copot  Kepsek
Stop Pungli di Sekolah (ayobandung.com)

PONTIANAK, SP -
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengancam akan mencopot kepala sekolah (Kepsek) yang melakukan pungutan uang daftar ulang murid baru dengan rincian mengada-ada. Diantaranya, uang komputer, asuransi dan tabungan, menurutnya adalah komponen yang sebetulnya tak perlu.

Sebagaimana diketahui,  sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Pontianak, menarik uang daftar ulang berkisar  Rp 1,5 hingga Rp 2,2 Juta. Apalagi, sejumlah komponen yang tercantum di dalam rincian pembayaran daftar ulang tak semestinya ada.

Sutarmidji yang dihubungi melalui aplikasi WhatsUp, Rabu (20/7) siang menerangkan, sejumlah komponen sebetulnya tak perlu. Dia mencontohkan, komponen seperti uang komputer, asuransi dan tabungan, adalah komponen yang mengada-ada.

“Uang komputer untuk apa, bahkan di sekolah tak perlu lagi uang komputer. Asuransi, tabungan itu kan mengada-ada. Saya sudah perintahkan Diknas untuk evaluasi jenis iuran dan kepala sekolah yang ngeyel copot aja,” jawabnya.

Masalah uang pendaftaran disebut Sutarmidji muncul tiap tahunnya. Hanya saja peruntukannya sebagian besar untuk pakaian seragam.

Pakaian seragam putih merah, biru dan abu-abu yang tak mampu disiapkan Pemerintah Daerah dikatakannya tinggal dikomunikasikan saja dengan pihak terkait.

“Minta bayar beberapa kali juga bisa, bahkan kalau tak ada uang pun, tidak akan membatalkan anak diterima di sekolah tersebut. Kalau pelajar lama pakaiannya masih ada, tak perlu diwajibkan. Intinya bicarakan saja dengan sekolah,” ujarnya menanggapi uang pendaftaran yang mesti dibayar lunas tanpa dicicil.

“OSIS biar aja bayar bulanan. Kecuali bagi yang mampu. Nanti semua akan kita audit. Sekolah yang menyimpang akan kita tindak, bahkan pencopotan,” pungkasnya.  (bls/ind/sut)