Langganan SP 2

Rencana Penggusuran di Zona GSS Kapuas, Usman “Kami Akan Tinggal Di Mana”

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1428

Rencana Penggusuran  di Zona GSS Kapuas, Usman “Kami Akan Tinggal Di Mana”
Ilustrasi

PONTIANAK, SP – Warga pemilik bangunan di zona Garis Sempadan Sungai (GSS) Kapuas mulai gelisah dengan rencana Pemerintah Kota Pontianak yang bakal menggusur dan membongkar  bangunan yang masuk zona tersebut. Warga mempertanyakan kelak nasib bangunannya.
"Bagaimana dengan rumah tidak bersertifikat. Seandainya kami digusur, lalu kami akan tinggal di mana," ujar Syarif Usman Alkadrie (31), Kelurahan Dalam Bugis.

Warga berharap pemerintah memberikan solusi terbaik.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Bangunan, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Perumahan Pemkot Pontianak, Derry Gunawan menegaskan bangunan yang dibongkar berada di jarak 15 meter  GSS.

 Di kawasan tersebut, tidak boleh ada satupun bangunan pribadi terkecuali fasilitas umum seperti tempat wisata yang sedang dibangun saat ini (water front), dermaga dan lain sebagainya.

"GSS itu sebagai daerah pengamanan kalau terjadi air pasang. Jika masih ada bangunan warga, tentu akan membahayakan penghuninya," ujar Derry.

 Menyoal kerisauan warga bangunan milik mereka. Derry menyatakan, bagi warga pemilik bangunan dilengkapi dokumen yang jelas akan diberikan ganti-rugi. "Tapi, kalau tidak jelas, tidak akan mendapatkan ganti rugi," tegas dia. (umr)