Cornelis: Pungli Besar dan Kecil Harus Diproses Hukum

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1116

Cornelis: Pungli Besar dan Kecil Harus Diproses Hukum
SABER PUNGLI KALBAR - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengukuhkan tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kalimantan Barat, Senin (21/11) sore, di Balai Petitih, Kantor Gubernur. (SP/Umar Faruq)
PONTIANAK, SP – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis M.H. menegaskan pelaku pungutan liar (Pungli) di Pemerintahan Provinsi Kalbar mesti diproses hukum.  Karena pungli  dapat menghambat pelayanan pemerintahan dan menyengsarakan rakyat.

“Apabila ditemukan oknum melakukan praktik pungli, baik dengan jumlah kecil maupun besar, tidak hanya diproses secara internal melainkan juga akan diproses secara hukum. Karena pungutan liar adalah salah satu tindak pidana,” tegas Cornelis saat pengukuhan Tim Kelompok Kerja dan Sekretariat Unit Satuan Tugas  Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Senin (21/11).

Dikatakannya, pembentukan Satgas Saber Pungli Kalbar sesuai  Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016. Cornelis berpesan kepada Satgas Saber Pungli Kalimantan Barat agar tidak ragu dalam bertindak.

“Tidak boleh ada keraguan sedikitpun untuk menyapu bersih pungutan liar di Kalimantan Barat,” ujar Cornelis.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak menyatakan Satgas Saber Pungli melibatkan  berbagai instansi. Dalam pelaksanaannya, Satgas Saber Pungli Kalbar tidak berbeda dengan Satgas Saber Pungli Pusat.

“Satgas Saber Pungli ini merupakan gabungan berbagai instansi, Polri, Kodam, Pemda, dan Kejaksaan Tinggi,” ujar Kapolda.

Kepala Satgas Saber Pungli Kalbar, Kombes Pol Suyata mengatakan akan ambil langkah strategis menyapu bersih praktik pungli.  “Rencana kelompok kerja kita, ke depan akan mengambil langkah-langkah strategis dengan satgas terkait baik itu Pemda dan Kejaksaan Tinggi Kalbar. Karena ini amanat dari Presiden,” ujar Suyata. (umr)